Rabu, 1 Mei 2024

Ahli Gizi Sarankan Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Makanan pokok lauk pauk, sayur, dan buah. Foto: iStock Ilustrasi - Makanan pokok lauk pauk, sayur, dan buah. Foto: iStock

Ahli gizi menyarankan para pria yang mengalami masalah fertilitas untuk mengonsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan guna meningkatkan kesehatan reproduksi.

Melansir Antara, Dt Nisha konsultan diet dan ahli gizi dari Motherhood Hospitals di Gurgaon, India menyampaikan bahan makanan kaya antioksidan baik untuk kesehatan sperma.

Menurut dia, mengonsumsi kacang kenari yang kaya asam lemak omega-3, vitamin E, selenium, dan antioksidan dapat membantu meningkatkan kualitas dan motilitas sperma.

Kacang almond yang memiliki kandungan tinggi antioksidan berupa vitamin E juga dapat dikonsumsi untuk membantu melindungi sperma dari kerusakan dan meningkatkan motilitasnya.

Selain itu, ada biji labu yang kaya antioksidan berupa vitamin E dan selenium serta kacang Brazil yang kaya selenium dan mineral berperan penting dalam produksi dan motilitas sperma serta pelindungan sperma dari stres oksidatif.

Nisha juga menjelaskan, bahwa kunyit mengandung curcumin, antioksidan manjur dengan sifar anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan sperma, sedangkan jahe mengandung gingerol, senyawa bioaktif dengan antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan reproduksi pria.

Menurut dia, teh hijau pun mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi sperma dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan reproduksi. Demikian pula dengan sayur-sayuran hijau, aneka buah beri, dan bawang putih. (ant/man/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version