Sabtu, 13 Juli 2024

Google Meet Tambahkan Dukungan Perekaman Rapat Full HD

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Google Meet. Foto: Reuters

Google Meet menambahkan dukungan resolusi perekaman rapat yang baru dengan standar Full HD (FHD).

Hal itu diumumkan langsung oleh Google dalam unggahan blog-nya pada Sabtu (15/6) waktu setempat.

Artinya, Google meningkatkan resolusi maksimum untuk perekaman video yang dilakukan oleh pembuat rapat atau pembicara dari 720p menjadi 1080p.

Dilansir dari Antara, meskipun Meet sebenarnya mendukung perekaman 1080p untuk konten yang disajikan di dalam rapat, namun fitur itu sebelumnya tidak tersedia untuk video pembicara hingga pembaruan terbaru.

Selain konten video FHD untuk rekaman rapat, pembaruan terkini juga menghadirkan kemampuan mengirim video full HD di semua komputer dengan kamera 1080p.

Perlu diingat bahwa fitur ini secara dasar dinonaktifkan oleh Google sehingga untuk memanfaatkannya mengharuskan pengguna untuk mengaktifkan secara manual melalui menu pengaturan.

Menurut Google, video FHD hanya dikirim ketika perekaman FHD diaktifkan. Selain itu, fitur perekaman FHD itu juga bisa diaktifkan apabila ketika ada satu atau lebih dari satu pengguna telah menyematkan pengguna berkemampuan 1080p pada layar yang cukup besar untuk merender hasil video beresolusi FHD.

Google Meet akan secara otomatis menyesuaikan resolusi jika bandwidth perangkat terbatas, hal ini penting untuk disebutkan mengingat diperlukan bandwidth tambahan untuk mengirim video 1080p.

Video full HD untuk rekaman rapat kini tersedia untuk pelanggan Google Workspace dengan Business Standard dan Plus, Enterprise Essentials dan Essentials Plus, Enterprise Starter, Standard, dan Plus, serta Education Plus dan Teaching & Learning Upgrade.

Di sisi lain, kemampuan mengirim video full HD di komputer dengan kamera 1080p tersedia untuk pelanggan Google Workspace dengan Business Standard dan Plus, Enterprise Starter, Standard, dan Plus, Education Plus dan Teaching and Learning Upgrade, Enterprise Essentials, dan Essentials Plus, serta pelanggan Google One dengan ruang penyimpanan 2 TB atau lebih. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version