Minggu, 12 Mei 2024

Kementan Upayakan Peningkatan Produksi Sarang Burung Walet dan Tanaman Porang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/5/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Syahrul Yasin Limpo Menteri Pertanian (Mentan) berencana mengoptimalkan budidaya dan produktivitas sarang burung walet dan tanaman porang.

Menurutnya, dua komoditas ekspor tersebut merupakan andalan Indonesia di pasar dunia.

“Saya akan maksimalkan proses budidayanya sampai dengan produktivitas yang kemudian tentu produktivitas itu berakhir dan dihilirisasi dengan melakukan proses-proses pengolahan lanjutan bersama Menteri Perindustrian yang disertai pengaturan-pengaturan tentang perdagangan, termasuk ekspornya, bersama dengan Menteri Perdagangan,” ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Mentan menjelaskan, porang bisa dibudidayakan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Oleh karena itu, kita akan segera mengembangkan dan mengakselerasi lebih kuat dari hulu ke hilir, terutama melakukan pembinaan-pembinaan teknis kepada petani baik porang mau pun sarang burung walet,” tuturnya.

Selain itu, Syahrul mengungkap Joko Widodo Presiden menginstruksikan supaya seluruh upaya yang dilakukan Kementan harus berpihak kepada rakyat.

Segala regulasi yang nantinya akan dibuat tidak boleh menjadi hambatan bagi para petani dan industri lokal.

“Saya bersama Menteri Perdagangan akan berupaya maksimal serta memberikan ruang bagi petani porang dan tentu petani rumah burung walet supaya besok kita mendapatkan nilai-nilai ekspor yang lebih banyak bagi kepentingan negeri dan rakyat,” pungkasnya.(rid/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version