Selasa, 30 April 2024

Pemeriksaan Corona Gratis di Surabaya Diacungi Jempol

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ilustrasi. Layanan pemeriksaan corona (COVID-19) di Rumah Sakit Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Foto : Anggi suarasurabaya.net

Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) menyediakan layanan pemeriksaan virus corona secara gratis. Hal itu merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan RSUA.

Untuk masyarakat Surabaya kalau mengalami gejala panas, batuk, pilek, nyeri kepala, sesak napas itu bisa langsung diperiksakan di RSUA. Biaya ditanggung Pemkot Surabaya termasuk ambulance gratis untuk menjemput.

Dewi Aryani anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan mengatakan apresiasiasinya untuk langkah Risma tersebut.

“Saya acungi jempol untuk Ibu Risma. Tanggap , proaktif, dan kreatif! Ini kolaborasi yang patut dicontoh oleh kota-kota yang memiliki perguruan tinggi dengan fakultas kedokteran setempat yang telah memiliki rumah sakit sendiri. Ambulance yang siaga merupakan bentuk kesiap siagaan Pemkot Surabaya dalam mengantisipasi penyebaran virus di Kota Surabaya,” kata Dewi Aryani.

Pada kesempatan yang sama, Nasronudin Direktur RSUA memastikan jika pihaknya beserta jajaran siap untuk menangani permasalahan Virus Corona.

“Termasuk, kami juga siap melakukan penelitian untuk vaksin virus corona,” kata dia.

“Kami sudah punya tim terdiri dari lembaga penyakit tropis dan para pakar di sektor terkait dalam penanganan masalah ini. Sinergi dengan Pemkot pun semakin memantapkan kemampuan kami untuk itu. Peralatan yang kami gunakan juga sudah memenuhi standar WHO,” jelasnya.

“Untuk kota lain bisa juga segera memberdayakan RSUD masing-masing hingga seluruh puskesmas untuk siaga dan siap menjemput masyarakat yang memiliki ciri ciri terpapar virus COVID-19 dan apalagi punya riwayat perjalanan atau paling dari bekerja di luar negeri,” pungkas Nasronudin.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version