Jumat, 17 Mei 2024

Timnas U-23 Dikalahkan Uzbekistan dan Gagal Lolos Final Piala Asia U-23 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Timnas U-23 Indonesia kalah 0-2 di tangan Uzbekistan di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Senin (29/4/2024) malam WIB. Foto: AFC

Timnas U-23 Indonesia gagal lolos ke final Piala Asia U-23 2024 usai dikalahkan Uzbekistan dengan skor 0-2 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Uzbekistan mendominasi pertandingan pada babak pertama. Mereka menciptakan berbagai peluang. Beruntung Ernando Ari Sutaryadi tampil sangat tangguh di bawah mistar.

Timnas U-23 dan Uzbekistan mengakhiri babak pertama dengan skor imbang tanpa gol.

Uzbekistan membuka paruh kedua dengan dua kans yang dikreasi oleh Alisher Odilov dan Jasurbek Jaloliddinov. Namun dua peluang ini gagal berbuah gol.

Timnas U-23 sempat menjebol gawang Uzbekistan lewat sontekan Muhammad Ferarri pada menit ke-60. Hanya saja gol ini dianulis oleh VAR karena Ramadhan Sananta dianggap offside.

Gol yang dianulir itu meruntuhkan mentan penggawa Garuda Muda.

Kondisi itu dimanfaatkan dengan sempurna Uzbekistan. Mereka unggul 1-0 lewat sontekan kaki kiri Khusayin Norchaev usai meneruskan umpan lambung Mukhammadkodir Khamraliev.

Setelah itu, Uzbekistan mendapatkan dua peluang yang digagalkan tiang gawang. Dua kans itu dikreasi oleh Abbosbek Fayzullaev dan Norchaev.

Petaka untuk Timnas U-23 kembali terjadi pada menit ke-83. Kali ini Rizky Ridho kapten menerima kartu kuning kedua usai melanggar Jaloliddinov.

Timnas U-23 makin merana setelah Pratama Arhan mencetak gol bunuh diri menit ke-86.

Berawal dari tendangan bebas Jaloliddinov yang ditepis Ernando, bola rebound disundul Abdukodir Khusanov. Namun membentur tiang gawang.

Bola yang kembali memantul, justru disontek oleh Arhan hingga masuk ke gawang Timnas U-23.

Uzbekistan menutup laga ini dengan kemenangan 2-0. Mereka lolos ke final Piala Asia U-23 2024 sekaligus lolos Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

Sementara Timnas U-23 masih akan bertanding dalam perebutan tempat ketiga pada Kamis (2/5/2024) malam. Garuda Muda harus menang untuk lolos ke Olimpiade 2024. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version