Kamis, 16 Mei 2024

Arab Saudi Mulai Terima Jemaah Umrah Luar Negeri yang Sudah Vaksin

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana umrah di Masjidil Haram di Mekah sambil mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan menjaga jarak sosial setelah pemerintah Arab Saudi melonggarkan pembatasan terkait pembendungan penularan Covid-19 di kota suci umat Islam ini pada 3 Oktober 2020. Foto: Kementerian haji dan umrah Arab Saudi/Reuters/Antara

Arab Saudi akan secara bertahap menerima permintaan jemaah luar negeri (LN) yang sudah vaksin untuk melakukan umrah mulai 9 Agustus, menurut laporan kantor berita negara SPA, dilansir Antara, Minggu (8/8/2021).

Langkah itu diterapkan setelah sekitar satu setengah tahun Saudi tidak mengizinkan jemaah asing masuk ke wilayah kerajaan itu akibat pandemi Covid-19.

Dengan peningkatan kapasitas dari 60.000 jadi dua juta anggota jemaah per bulan, Mekkah dan Madinah akan mulai menyambut pengunjung luar negeri sambil tetap menerapkan langkah pencegahan Covid-19.

Pejabat Kementerian Haji dan Umrah mengatakan, jemaah domestik dan luar negeri harus menyertakan sertifikat vaksinasi Covid-19 resmi saat mengajukan permohonan untuk melakukan umrah.

Jemaah penerima vaksin dari negara-negara yang dimasukkan Arab Saudi ke daftar larangan masuk harus dikarantina setiba di bandara.

Sekadar informasi, umrah atau ziarah ke dua situs paling suci umat Islam yang dilakukan sepanjang tahun di Saudi, kembali dibuka Oktober tahun lalu bagi jemaah domestik.

Kota Suci Mekkah dan Madinah untuk tahun kedua hanya mengizinkan orang-orang dari dalam negeri, dalam jumlah terbatas, untuk mengikuti ibadah haji pada Juli lalu.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version