Selasa, 14 Mei 2024

BMKG Juanda: Waspada Cuaca Berubah Sewaktu-waktu, Surabaya Berpotensi Hujan Sore Hari

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Kota Surabaya saat cuaca berawan. Foto : Dok. suarasurabaya.net

Wilayah Kota Surabaya berpotensi hujan ringan pada Selasa (2/3/2021) sore nanti. Suhu udara 24-33 derajat Celcius, kelembapan 60-95%, dan angin dari arah barat kecepatan 5-30 km/jam. Namun cuaca bisa berubah sewaktu-waktu.

“Waspada terhadap perubahan cuaca yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Apalagi bulan Maret curah hujan cukup tinggi. Jika melihat kumpulan awan Cumulonimbus (CB) berbentuk bunga kol menjulang tinggi, berwarna hitam pekat, waspada hembusan angin kencang. Hindari dekat papan reklame dan pohon yang rawan tumbang. Jika terjebak cuaca buruk, jarak pandang terbatas, silakan menepi dengan menjaga jarak aman,” kata Arif Krisna Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda waktu dihubungi suarasurabaya.net, Selasa (2/3/2021).

Arif menambahkan, sedangkan cuaca di wilayah Jawa Timur yang patut diwaspadai diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada siang atau sore hari di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Kabupaten Lamongan. Selain itu juga di Bojonegoro, Jombang, Kabupaten dan Kota Madiun, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Jember, Situbondo, Banyuwngi, Bangkalan, dan Sumenep.

Sementara itu kata Arif dari pantauan Citra Satelit yang perlu diwaspadai jalur penerbangan di sebelah selatan Kalimantan Tengah, utara Sulawesi Tenggara, Halmahera bagian selatan dan utara, Papua bagian utara.

“Untuk perairan gelombang tinggi diprakirakan terjadi di selatan Provinsi Jatim, Samudera Hindia selatan Jatim. Tinggi gelombang berkisar 1,25 hingga 4 meter, angin dari arah barat daya hingga barat laut kecepatan 18-46 km/jam. Kondisi cuaca hujan ringan hingga sedang. Sedangkan perairan lain di Jatim tinggi gelombang 0,2 hingga 1,25 meter, angin dari arah selatan hingga barat laut kecepatan 6-30 km/jam. Cuaca berawan hingga hujan sedang,” pungkas Arif.(ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version