Selasa, 14 Mei 2024

Kebutuhan Oksigen Tanah Air Meningkat Lima Kali Lipat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah warga antre untuk mengisi ulang tabung gas oksigen di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (3/7/2021). Foto: Antara

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengatakan, kebutuhan oksigen di Tanah Air sedang mengalami peningkatan jumlah permintaan hingga lima kali lipat akibat lonjakan jumlah pasien Covid-19.

Dalam keterangan virtual yang diberikan Menkes hari ini, Jumat (16/7/2021), kebutuhan oksigen naik tajam dari sebelumnya 400 ton per hari menjadi 2.000 ton per hari.

“Dari sisi oksigen, kami juga update ke kabinet bahwa kebutuhan oksigen memang meningkat sangat pesat dari sebelumnya 400 ton per hari, naik sekarang hampir menjadi 2.000 ton per hari,” kata Menkes.

Menurut Budi, pemerintah punya strategi pemenuhan suplai kebutuhan oksigen dengan menggunakan kapasitas akses dari pabrik maupun industri di dalam negeri bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

“Ada sekitar 240 ton sampai 250 ton per hari kapasitas akses yang bisa kami gunakan dari industri-industri dalam negeri,” kata seperti dilansir Antara.

Budi bilang, pemerintah sedang mencoba membangun strategi pengadaan alat oksigen konsentrator yang lebih praktis dalam penggunaan bagi pasien Covid-19.

“Ini adalah alat kecil yang membutuhkan listrik saja. Kita bisa pasang baik di rumah maupun di tempat tidur rumah sakit untuk mensuplai oksigen dengan kapasitas 10 liter atau 5 liter per menit. Sehingga cukup untuk tempat tidur isolasi,” katanya.

Budi menambahkan, pemerintah juga berencana membeli sekitar 20 ribu sampai 30 ribu oksigen konsentrator yang bisa menyediakan sekitar 600 ton oksigen per hari untuk rumah sakit.

“Kami juga bisa pinjamkan ke rakyat yang membutuhkan,” katanya.(ant/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version