Selasa, 14 Mei 2024

Semua Pasien Covid-19 Varian Delta di RSLI Sudah Sembuh

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
RSLI Surabaya menggelar “wisuda” atau pemulangan sejumlah 52 orang penyintas Covid-19, termasuk varian baru atau Delta pada Kamis (24/6/2021). Foto: Istimewa

Tim medis Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya mengumumkan bahwa seluruh pasien Covid-19 Varian Delta (B1617.2) atau Varian India yang jumlahnya delapan orang sudah sembuh dan boleh pulang.

Laksmana TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Penanggung Jawab RSLI Surabaya menyatakan itu, Kamis (24/6/2021). Menurutnya, semua pasien yang terkonfirmasi virus varian itu sudah diperkenankan keluar rumah sakit oleh dokter penanggung jawab pasien.

Nalendra menjelaskan, sampai Sabtu (19/6/2021) lalu, RSLI telah mendapatkan konfirmasi mengenai 10 sampel yang diambil dari pasien hasil penyekatan di Jembatan Suramadu.

Hasil pemeriksaan sampel tersebut, sembilan orang terkonfirmasi Varian Delta, dan seorang lainnya terkonfirmasi varian lokal B.1.466.2.

Dari sembilan orang itu, ada satu orang yang harus dirujuk atau pindah fasilitas kesehatan ke RS Bojonegoro dengan pertimbangan lebih dekat dengan domisilinya.

“Para pasien itu sembuh setelah menjalani perawatan lebih dari 10 hari dengan hasil tes usap PCR dua kali negatif,” ujar Nalendra.

Dia menjelaskan, proses sembuh dan kepulangannya pun bertahap. Dua pasien itu bisa pulang setelah 14 hari perawatan, sisanya pulang setelah 15 hari dan lainnya setelah 16 hari perawatan.

“Masyarakat tidak perlu terlalu takut dengan varian baru, namun demikian harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik, dan benar,” kata Nalendra.

Sementara kepada para pasien yang sudah pulang, dr Nalendra berpesan agar tetap menjalani isolasi mandiri selama 3-5 hari untuk memastikan kondisinya baik, tidak muncul gejala susulan, serta kondisi tubuhnya mengalami pemulihan.

Nalendra menambahkan, selama menjalani isolasi mandiri tambahan, mereka akan terus dipantau oleh petugas kesehatan masyarakat dan dinas kesehatan setempat, serta mendapat pendampingan dari relawan Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 (PPKPC) RSLI.

“PPKPC-RSLI juga membantu mengatasi permasalahan non-medis pasca pemulangan pasien,” tambah dr Nalendra.

Sementara Radian Jadid, Ketua Relawan PPKPC RSLI menjelaskan, hari ini ada ‘wisuda’ penyintas dengan jumlah 52 orang yang dipulangkan. 31 orang di antaranya adalah pasien hasil penyekatan Suramadu.

Lebih lanjut Jadid merinci, sampai saat ini kapasitas RSLI sebanyak 410 tempat tidur, dan hari ini jumlah pasien yang dirawat mencapai 291 orang. Selain itu terdapat 113 orang yang tercatat dalam daftar tunggu. (ant/ton/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version