Kamis, 11 Agustus 2022

Denpasar dan Jakarta Jadi Rute Penerbangan Mudik Terbanyak

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Kenaikan arus penumpang sudah mulai terasa di Bandara Juanda diperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 30 April 2022, Senin (26/4/2022) Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Arus mudik di Bandara Juanda akan mencapai puncaknya pada H-3 Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Diperkirakan ada 37 ribu penumpang dan arus balik puncaknya pada H+4 , diperkirakan jumlah penumpang mencapai 39 ribu.

Sisyani Jaffar General Manager Bandara Juanda mengatakan ada penambahan extra flight dengan tujuan Denpasar Balikpapan, Pontianak, Jakarta dan Samarinda. Melihat peningkatan tersebut, pengelola bandara Juanda melakukan penambahannya sebanyak 518 flight.

“Dua kota terbanyak sebagai tujuan mudik yaitu Denpasar dan Jakarta,” jelas Sisyani kepada suarasurabaya.net, Senin (25/4/2022).

Sisyani menjelaskan langkah antisipasi menghadapi kenaikan penumpang adalah menambah Notice of Airport Capacity (NAC) yakni kemampuan atau kapasitas bandara melayani penerbangan per jamnya menjadi 30 pergerakan pesawat per jam dari sebelumnya 26 pergerakan per jam.

“Langkah antisipasi lainnya kami melakukan penyesuaian jam operasional bandara yang sebelumnya pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB, menjadi pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB,” jelasnya.

Selain itu, hal lain secara teknis yang  dilakukan, lanjut Sisyani adalah koordinasi lintas instansi untuk pengaturan slot, manajemen alur penumpang  dan ruang tunggu, serta memaksimalkan patroli keamanan untuk meningkatkan kewaspadaan  dan pengawasan, hingga memastikan penerapan protokol kesehatan dan physical distancing di setiap area terminal.

“Semua upaya tersebut dilakukan untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan, serta pelayanan yang unggul bagi pengguna jasa di bandara Juanda,” pungkasnya. (man/iss)

Berita Terkait