Selasa, 30 April 2024

Sungai Rejoso Meluap, Sejumlah Desa di Pasuruan Terendam Banjir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kondisi banjir di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (18/1/2022). Foto: BPBD Kabupaten Pasuruan

Sejumlah desa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur terendam banjir akibat luapan Sungai Rejoso dan sungai-sungai kecil di Kecamatan Grati dan Winongan, Selasa (18/1/2022).

Ridwan Harris Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan di Pasuruan mengatakan, banjir yang melanda wilayah itu memiliki ketinggian bervariasi antara 40 centimeter sampai dengan 1,5 meter.

“Sedikitnya ada belasan desa yang banjir setinggi 40 centimeter sampai 1,5 meter. Banjir merendam rumah dan fasilitas umum,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Dia mengatakan, di Kecamatan Grati, ada tujuh desa yang banjir yakni Kewadung Kulon, Kedawung Wetan, Trewung, Plososari hingga Kalipang.

Di Kecamatan Winongan, banjir terjadi di Desa Winongan Lor, Winongan Kidul, Prodo dan Bandaran. Sedangkan di Kecamatan Rejoso, banjir terjadi di Desa Toyaning, Sadengrejo dan Patuguran banjir.

“Banjir juga menggenangi jalur pantura Jalan Raya Ngopak. Namun lalu-lintas dari Probolinggo-Pasuruan masih mengalir lancar,” ujarnya.

Ridwan mengeklaim, pihaknya bersama Dinsos tengah menyiapkan nasi bungkus untuk didistribusikan ke warga terdampak banjir.

“Kami siapkan 2.000 bungkus pagi ini,” kata Ridwan Harris .

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, sejumlah wilayah di Jatim masih berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi akibat tingginya curah hujan.

Teguh Tri Susanto Koordinator data dan informasi BMKG Juanda meminta masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat.

“Di antaranya wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan,” katanya.(ant/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version