Selasa, 19 Maret 2024

Gubernur Jatim Ingin ASN Makin Berkembang dan Kompeten

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menerima piagam penghargaan dari DPP APWI di Kota Batu. Foto: Humas Pemprov Jatim.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) memberi perhatian khusus dalam pengembangan kompetensi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berkualitas. Guna menjalankan roda pemerintahan berintegritas.

“Tantangan birokrasi semakin kompleks. Diiringi dengan dinamika perubahan global yang dinamis sekali. Ini tentunya harus diikuti oleh kecepatan adaptasi dan kompetensi para ASN kita,” kata Khofifah, Jumat (2/6/2023).

Dalam beberapa waktu lalu, Khofifah juga memberi pelatihan kepemimpinan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) yang ditujukan untuk pejabat eselon II. Goal pelatihan itu kepemimpinan itu adalah membuat proyek perubahan.

Sedangkan untuk pelatihan kepemimpinan administrator dan pelatihan kepemimpinan pengawas, peserta diminta membuat aksi perubahan.

“Yang selalu saya pesankan adalah ketika aksi perubahan itu dilakukan, maka harus seiring dengan Reformasi Birokrasi Tematik dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berdampak,” tegas mantan Menteri Sosial (Mensos) RI itu.

Selain itu, yang tidak kalah penting dalam pengembangan kapasitas ASN adalah peran para widyaiswara. Yang mana, widyaiswara dituntut untuk menyampaikan berbagai perubahan kebijakan yang cepat dan diadopsi dari berbagai perubahan perubahan lokal maupun global.

“Bagaimana mereka mencoba memahani kebijakan yang harus diadopsi, tapi di saat yang bersamaan tetap harus bisa memberikan penguatan kepda peserta didiknya. Luar biasa cara berpikir dan luar biasa ilmunya para widyaiswara ini,” kata alumnus Universitas Airlangga (Unair) itu.

Sebagai informasi, atas peran dan kontribusinya terhadap pengembangan kompetensi SDM ASN, Khofifah mendapatkan penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Profesi Widya Iswara (DPP APWI).

Penghargaan berupa piagam dan pin itu diserahkan langsung oleh Boediarso Teguh Widodo Ketua Umum DPP APWI kepada Khofifah saat Gala Dinner Jambore Nasional Widyaiswara II di Halaman Balai Kota Among Tani Kota Batu, Kamis (1/6/2023) malam. (wld/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version