Sabtu, 27 April 2024

Panti Asuhan Milik MPS Muhammadiyah Surabaya Siap Tampung Ratusan Jemaah Harlah Satu Abad NU

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi Foto: suarasurabaya.net

Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya siap menampung ratusan jemaah Harlah Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang membutuhkan tempat istirahat. Pendaftaran dibuka hingga 6 Februari pukul 12.00 WIB, sehari sebelum puncak resepsi.

Ferry Yudi Antonis Saputro Ketua Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya menyebut, total ada lima bangunan panti asuhan aktif mau pun yang belum terpakai disiapkan.

“(Kuota) per panti, bisa nampung beberapa, bisa 50 sampai 70 orang. Ada beberapa gedung belum dipakai. Ada juga beberapa gedung bisa dikondisikan kalau sekadar cuci, mandi, kakus. Kita punya aula. (Juga) kalau sekedar teh hangat, istirahat, juga kita siap memfasilitasi,” kata Ferry pada suarasurabaya.net, Sabtu (4/2/2023).

Namun, jika jumlah pendaftar membludak, Ferry menambahkan akan menyediakan alternatif panti asuhan tambahan.

“Bisa (menampung) lebih hingga 500 orang. Jika para penggembira membludak, kami salurkan ke panti yang lainnya. Total panti asuhan Muhammadiyah se-Surabaya ada 22,” imbuhnya.

Sementara dari lima panti asuhan yang sudah siap, rata-rata berjarak 12 kilometer ke GOR Sidoarjo, tempat puncak resepsi Harlah Satu Abad NU digelar. Namun, hampir semua panti yang disediakan, lanjut Ferry, dekat dengan jalur tol.

“Daerah Gayungan, Karang Pilang itu paling deket (ke GOR Sidoarjo). Karang Pilang dekat dengan tol Waru Gunung, turun tol Waru Gunung arah dari barat (mulai) Jombang, Mojokerto, Solo, pas, depannya nanti panti (milik) kita. Pagesangan ada 4 lantai dekat Masjid Agung (Masjid Al-Akbar Surabaya). Gayungan juga luas, ada masjid dan bangunan sekolah, bisa dikondisikan. Ada (panti) di Wiyung, (dekat) akses tol Gunungsari juga ada,” bebernya lagi.

Penyediaan fasilitas itu, lanjut Ferry, sebagai bentuk tasamuh, toleransi.

“Membantu memfasilitasi teman-teman penggembira NU yang mau istirahat ketika puncak tanggal 7 Februari 2023. Sebagai bentuk tasamuh saling menghargai, menghirmati teman-teman saudara kita NU yang datang dari penjuru tanah air,” pungkasnya.

Para jemaah yang membutuhkan, dipersilakan langsung menghubungi tiap koordinator panti asuhan melalui nomor telepon untuk mendaftar. Pendaftaran bisa dilakukan mulai hari ini hingga terakhir Senin (6/2/2023) pukul 12.00 WIB siang.

Berikut daftar lima panti asuhan yang disediakan:

1. Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Ustadz Ahyat .Gemol 1 C no.23 A Kel.jajar Tunggal Kec.Wiyung. Nomor kooridnator: 085852020065

2. Panti Asuhan Muhammadiyah Karang Pilang Ustadz Hadi Utomo jl. Mastrip 64-66. Nomor koordinator: 085806251169

3. Panti Asuhan Muhammadiyah Gayungan Ustadz Duwandi jln. Jemur gayungan II/14. Nomor koordinator: 081330435267

4. Panti Asuhan Muhammadiyah Rungkut Ustadz Suprapto Jl. Medokan Asri MA I Blok P No. 25 YKP Rungkut Surabaya. Nomor koordinator: 085100082317

5. Panti Asuhan Muhammadiyah Pagesangan Ustadz Taris Jl.Pagesangan 2a no.1. Nomor koordinator: 085745001113. (lta/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version