Kamis, 30 Mei 2024

Pelindo Gelar Awareness K3 dan APD Kepada TKBM Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas menggelar Sosialisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (7/6/2023).

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, kegiatan yang digelar oleh SPMT Branch Terminal Jamrud Nilam Mirah (Jamila) Surabaya di Gedung Barunawati, Tanjung Perak ini diikuti oleh 110 TKBM yang bekerja di Pelabuhan Tanjung Perak.

Dilakukan juga penandatanganan Komitmen Bersama TKBM Pelabuhan Tanjung Perak, untuk menegakkan disiplin penerapan Budaya K3 di lingkungan pelabuhan, serta pembagian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja, yang secara simbolis diberikan oleh Made Rusli Branch Manager SPMT Terminal Jamrud Nilam Mirah.

Penyerahan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja dalam salisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (7/6/2023). Foto: Pelindo

Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Muhammad Haris, Vice President HSSE Pelindo Multi Terminal, Capt. Dewi Sartika dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, beserta Lili Sutanti dari Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Jawa Timur sebagai pemateri yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran atas implementasi budaya K3 agar keselamatan dan kesehatan pekerja terjamin sehingga produktivitas dan efisiensi operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik.

Fiona Sari Utami SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal menerangkan, sosialisasi Awareness K3 dan ini merupakan bagian dari komitmen SPMT dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun untuk eksternal.

“Selain itu, sosialisasi dan pemberian APD ini juga menjadi salah satu aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan SPMT. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 sehingga lebih aware terhadap keselamatan dan kesehatan di area Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo Multi Terminal,” terang Fiona.

Eka Cakrawala Kepala Seksi Fasilitas & Pengawasan Operasional Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak yang turut hadir juga menyambut baik digelarnya kegiatan awareness K3 untuk TKBM Pelabuhan ini.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 di Pelabuhan Tanjung Perak,” tuturnya.

Di sisi lain, Akhmad Kholik Ketua 1 Koperasi TKBM Tanjung Perak juga mendukung kegiatan Awareness K3 di area pelabuhan ini.

“Diharapkan, adanya sosialisasi berkelanjutan sehingga pekerja pelabuhan di Terminal Jamrud Nilam Mirah dalam bekerja lebih selamat dan berhati-hati karena kita adalah tumpuan keluarga kita,” ujarnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version