Jumat, 31 Mei 2024

Polisi Amankan 27 Kendaraan dan Pembawa Narkoba di Surabaya Jelang Tahun Baru

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya waktu ditemui di pos pengamanan Taman Bungkul, Minggu (31/12/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Seminggu sebelum perayaan Tahun Baru 2023, polisi sudah gencar melakukan pengamanan melalui operasi cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kabtimas). Hasilnya, 480 pelanggaran terjaring Polrestabes Surabaya.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya mengatakan, 480 pelanggar itu diberi teguran tertulis. Namun, 27 di antara pelanggar itu diamankan kendaraannya karena tidak dilengkapi surat, seperti STNK dan memakai knalpot brong. Bahkan yang mengendarai masih anak di bawah umur.

Dalam operasi cipta kondisi, Satlantas Polrestabes Surabaya juga mendapati seorang pengendara inisial SL yang membawa narkoba di jok motornya. SL ketahuan membawa satu poket sabu dan satu butir ineks, Kamis (29/12/2022).

“Kami melakukan operasi cipta kondisi dalam rangka sasarannya barang berbahaya dan pelaku kejahatan,” kata Arif, Sabtu (31/12/2022) malam.

Kemudian terkait puluhan kendaraan yang diamankan Satlantas, Arif menjelaskan kalau para pelanggar itu diberi teguran simpatik berupa surat pernyataan.

Nantinya, puluhan kendaraan itu baru bisa diambil kalau sudah melengkapi surat kendaraan serta didampingi orang tua pelanggar yang masih anak-anak.

“Nanti saat diambil wajib membawa knalpot standar. Akan dikembalikan dan disaksikan orang tua,” imbuh Arif.

Selama proses pengamanan kendaraan pada momen malam Tahun Baru di Kota Pahlawan terpantau cukup ramai di pusat-pusat kota. Sedangkan di perbatasan kota relatif sepi.

Arif menjelaskan sejak Sabtu pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB beberapa titik jalan yang dipantau melalui pos pengamanan terlihat lancar.

Satlantas Polrestabes Surabaya juga melakukan penyekatan di 12 titik di batas Kota. Yaitu di perbatasan Sidoarjo, Gresik, dan Bangkalan, Madura.

“Penyekatan itu bukan untuk membatasi masuknya warga ke Kota Surabaya. Tapi, untuk mencegah gangguan Kamtibmas akibat konvoi,” tegasnya.

Sementara itu, setelah pergantian Tahun Baru tepatnya pada Minggu (1/1/2023) hanya berselang lima menit, 00.05 terpantau belasan kendaraan memakai knalpot brong dari arah Waru melintas ke Jalan Ahmad Yani, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Surabaya.

Dari pantauan suarasurabaya.net, puluhan kendaraan itu melintas mengarah ke Timur atau menuju ke kawasan Tol Waru-Juanda sambil menyalakan kembang api. Akibatnya lalu lintas di persimpangan Korem 084/Bhaskara Jaya itu sempat padat sekitar 15 menit lebih.

Sejumlah kendaraan itu tidak menuju ke Jalan Raya atau Jalur Protokol namun hanya memutar balik di kawasan tol tersebut. Situasi di kawasan korem kembali kondusif sekitar pukul 00.40 WIB dan lalu lintas terpantau ramai lancar.(wld/dfn/rid)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version