Jumat, 12 April 2024

Puluhan Truk Bantuan Kemanusiaan Memasuki Kota Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Truk pembawa bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina tengah menunggu pembukaan kembali perbatasan Rafah untuk memasuki Gaza pada 16 Oktober 2023 lalu. Foto: Reuters

Bulan Sabit Merah Palestina pada, Kamis (30/11/2023) waktu setempat, mengatakan total 65 truk bantuan kemanusiaan sudah memasuki Kota Gaza dan wilayah Gaza Utara.

Angka itu menambah jumlah keseluruhan truk yang masuk ke Gaza menjadi 310, sejak jeda kemanusiaan pada 24 November lalu.

Namun, di dalam pernyataan tidak disebutkan apakah truk pengangkut bahan bakar juga telah dikirim ke dua wilayah itu.

Melansir dari Antara, Wael Abu Mohsen Kepala komunikasi penyeberangan sisi Palestina mengatakan, tujuh truk pengangkut bahan bakar dan gas untuk memasak sudah memasuki Jalur Gaza melalui penyeberangan perbatasan Rafah.

Sementara itu, Israel dan kelompok perlawanan Palestina Hamas sebelumnya pada Kamis pagi, sepakat untuk memperpanjang jeda kemanusiaan di Jalur Gaza sehari lagi guna melanjutkan pembebasan tawanan.

Sejak berlangsungnya jeda kemanusiaan awal pekan lalu, sebanyak 66 tahanan Israel telah dibebaskan selama enam hari dengan imbalan pemulangan 210 warga Palestina.

Diketahui, sebelumnya Israel melancarkan kampanye militer besar-besaran di Jalur Gaza menyusul serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober. Semenjak itu lebih dari 15.000 orang, termasuk 6.150 anak dan 4.000 perempuan, meninggal menurut otoritas kesehatan di wilayah kantong tersebut.

Sedangkan korban meninggal di pihak di Israel mencapai 1.200 orang. (ant/feb/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version