Selasa, 30 April 2024

Untuk Mengurangi Kemacetan, Jalan Tol yang Sudah Selesai Dibangun Bisa Dilewati Pemudik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI (tengah) meresmikan Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II ruas Sayung-Demak, Demak, Jawa Tengah, Sabtu (25/2/2023). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden menginstruksikan jajarannya membuka akses jalan tol yang sudah selesai pengerjaannya tapi belum resmi beroperasi, untuk dilewati masyarakat pada momen mudik Lebaran Idulfitri tahun ini.

Dengan begitu, diharapkan arus kendaraan yang melintas bisa terurai, dan tidak sampai terjadi kemacetan parah di jalur-jalur mudik.

Nantinya, sesudah selesai jadi jalur alternatif pemudik, pihak pengelola jalan tol, kata Jokowi, bisa melakukan pengecekan untuk mempersiapkan operasionalnya sebagai jalan berbayar.

“Jalan tol yang konstruksinya sudah selesai ini menjelang lebaran akan dibuka untuk bisa dimanfaatkan dalam rangka mengurangi kemacetan. Setelah nanti lebaran baru di cek lagi. Siap untuk operasionalkan secara lengkap,” ujarnya di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4/2023).

Sebelumnya, Kepala Negara mengingatkan mudik Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah butuh perhatian dan persiapan ekstra dari seluruh pemangku kepentingan. Karena, jumlah pemudik diprediksi lebih banyak ketimbang tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik Lebaran Idulfitri tahun ini diprediksi mencapai 123 juta orang.

Jumlah tersebut naik sekitar 47 persen secara nasional dibandingkan Lebaran Idulfitri tahun lalu yang tercatat sebanyak 86 juta orang.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version