Minggu, 12 Mei 2024

1.300-an Calon Jemaah Haji Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Gelaran bimbingan manasik haji massal yang digelar oleh Kemenag Surabaya di UINSA Surabaya, Minggu (28/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sekitar 1.300-an calon jemaah haji asal Surabaya melangsungkan bimbingan manasik haji massal di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), pada Minggu (28/4/2024).

Pardi Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya menyatakan, bimbingan manasik haji tahun ini dilaksanakan dua gelombang. Pertama, pada 28-29 April dan kedua pada 30 April-1 Mei 2024. Total jemaah keseluruhan, ada 2.696 jemaah.

“Untuk memberikan pengetahuan-pengetahuan dan keterampilan-keterampilan, baik tentang pakaian ihram, bagaimana mereka di pesawat, makan minum di pesawat, hingga ibadah-ibadah sunnah yang mesti mereka lakukan baik di Makkah maupun Madinah,” katanya saat ditemui suarasurabaya.net.

Penyampaian materi tentang haji dalam gelaran bimbingan massal di UIN Sunan Ampel Surabaya, Minggu (28/4/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Di dalam manasik haji ini, calon jemaah haji mendapat beberapa materi, mulai dari kebugaran fisik, kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi. Selain itu calon jemaah juga akan mendapat materi tata cara atau praktik ibadah hajinya.

“Mulai dari memakai pakaian ihram sampai tahapan-tahapan haji, kemudian saat di Arafah, di Minna itu diberikan bekal. Bekal kesehatan pribadi, obat- obat yang bisa dibawa, yang tidak bisa dibawa. Kemudian kalau ada lansia bagaimana memanfaatkan dan mendaftarkan tasyrikh dan lain-lain,” jelasnya.

Sebelumnya, ia juga mengatakan bahwa calon jemaah haji telah mendapatkan bimbingan manasik haji dari masing-masing Kecamatan selama 6 hari berturut-turut.

Calon jemaah haji, kata dia, minimal mendapatkan bimbingan manasik haji 10 kali di masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

“Sehingga, kita berharap semua jemaah yang menjalankan manasik, baik di tingkat KBHU, kecamatan maupun kota, itu bisa benar-benar membawa jemaah yang mandiri, yang benar-benar siap melakukan semua tahapan hajinya, dan bisa benar-benar mendapatkan kemabruran,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berpesan kepada jemaah agar menjaga kesehatan dengan sebaik mungkin. Ia menyarankan, agar jemaah juga latihan berjalan minimal 5-7 km untuk memastikan kesiapan saat menjalani ibadah haji.

“Karena ibadah haji ini adalah ibadah fisik yang paling pokok. Mulai dari hotel dan Masjidil Haram itu menggunakan bus, tapi begitu di terminal Masjidil Haram itu jarus jalan untuk sampai ke pusat,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh calon calon jemaah haji agar mempersiapkan diri terkait dengan doa-doa. “Dan jangan lupa meminta maaf ke saudara, untuk mempermudah dan memberikan rasa aman, tentram, ketika ada di sana,” pungkasnya. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version