Minggu, 21 Juli 2024

Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Tawaf Wada Sebelum Kembali ke Tanah Air

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Jemaah haji mengelilingi Ka'bah saat mereka melakukan Tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi pada 11 Juni 2024. Foto: Reuters

Masjidil Haram penuh sesak dengan jemaah haji dari seluruh dunia dalam dua hari terakhir. Para jemaah melaksanakan Tawaf Wada sebagai pemungkas ibadah haji.

Tawaf Wada adalah tawaf perpisahan yang dilakukan jemaah haji, termasuk dari Indonesia, sebelum meninggalkan Kota Makkah.

Bagi orang Indonesia, Tawaf Wada tak ubahnya sebuah adab. Ibaratnya sebuah pertemuan, sungguh sangat elok jika jemaah berpamitan ke tuan rumah ketika hendak meninggalkan Tanah Suci.

Jemaah haji yang akan melakukan Tawaf Wada, harus mencari waktu yang tepat sekaligus waktu yang afdal untuk melaksanakannya. Jemaah bisa melakukannya selepas Salat Zuhur hingga malam hari.

Dari pantauan suarasurabaya.net, tampak semua lantai di Masjidil Haram penuh oleh jemaah haji yang melakukan Tawaf Wada.

Tampak pula jemaah haji yang menggunakan mobil golf atau skuter saat melakukan Tawaf Wada. Hal tersebut dinilai tidak masalah oleh sebagian ulama. Sebab, disebutkan Rasulullah SAW pernah menaiki unta saat tawaf.

Apalagi, penggunaan kendaraan itu juga dengan niat mempercepat waktu saat melakukan Tawaf Wada. Pasalnya, ada jutaan orang berkumpul di tempat yang space-nya terbatas.

Dalam Tawaf Wada itu, ada banyak jemaah yang larut dalam haru. Mereka juga berdoa agar diberikan rezeki dan usia. Sehingga, bisa kembali ke Tanah Suci di kemudian hari.(saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Kurs
Exit mobile version