Senin, 6 Mei 2024

Jokowi Presiden Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri (Menlu) memberikan keterangan kepada wartawan, di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10/2022). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden RI, pagi hari ini, Jumat (26/4/2024), menerima kunjungan kehormatan Vivian Balakrishnan Menteri Luar Negeri Singapura, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Kunjungan Menlu Singapura kali ini khusus membahas persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Leaders’ Retreat tahun 2024.

Leaders’ Retreat merupakan agenda pertemuan rutin antara Presiden RI dengan Perdana Menteri Singapura.

Rencananya, tahun ini pertemuan kepala pemerintahan Indonesia dan Singapura dihelat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (29/4/2024).

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Menlu Singapura membahas rencana kunjungan Lee Hsien Loong ke Indonesia yang akan menjadi kunjungan terakhirnya sebelum menyerahkan pemerintahan kepada Perdana Menteri baru.

“Kita melakukan Leaders’ Retreat secara bergantian dan tahun ini adalah tahun di mana Indonesia menjadi tuan rumah,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Lawrence Wong Wakil Perdana Menteri Singapura yang akan menjadi suksesor Lee Hsien Loong rencananya juga hadir dalam Leaders’ Retreat 2024.

“Ini menunjukkan betapa pentingnya hubungan bilateral antara Singapura dengan Indonesia,” tegasnya.

Menurut Retno, dalam pertemuan nanti, Presiden RI dan PM Singapura akan menelaah kerja sama yang sudah dilakukan selama 10 tahun terakhir, serta memperkuat komitmen kerja sama dan hubungan baik kedua negara.

Kerja sama strategis yang akan terus dilakukan antara lain pengembangan sumber daya manusia melalui pengembangan keterampilan, pertukaran talenta di bidang digital, serta di bidang kesehatan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version