Rabu, 15 Mei 2024

Leaders Retreat 2024, Indonesia Undang Singapura Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Sidoarjo

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI bertemu Lee Hsien Loong PM Singapura dalam Leaders Retreat 2024, Senin (29/4/2024), di Istana Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI dan Lee Hsien Loong Perdana Menteri Singapura, hari ini, Senin (29/4/2024), mengadakan pertemuan dalam forum Leaders Retreat 2024, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam keterangan bersama sesudah melakukan pertemuan tertutup, Jokowi Presiden mengatakan, Leaders Retreat yang terus berlangsung merupakan sinyal kuat keberlanjutan kerja sama kedua negara.

RI 1 bilang, ada sejumlah hal penting yang dibahas bersama dengan PM Singapura pada pertemuan siang hari ini.

“Di bidang politik dan pertahanan, Indonesia menyambut baik implementasi perjanjian Flight Information Region (FIR), kerja sama pertahanan, dan sepakat mengimplementasikan penuh ekstradisi,” ujar Jokowi.

Selanjutnya, di bidang ekonomi, Indonesia menawarkan beberapa peluang investasi manufaktur tekstil di Kendal Industrial Park, Jawa Tengah, ekonomi hijau melalui infrastruktur yang berkelanjutan, dan pembangunan pusat data di Nongsa, Batam, Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi antusiasme 29 perusahaan Singapura dalam investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan berharap dukungan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di IKN.

“Rencana ekspor listrik Indonesia ke Singapura terus diupayakan, termasuk investasi industri hijau pendukung,” imbuhnya.

Terkait ketahanan pangan, Indonesia-Singapura sepakat mendorong kerja sama transfer teknologi dan pertukaran pengetahuan pengolahan bahan pangan.

“Untuk kerja sama produk halal, Indonesia mengundang Singapura menjadi pengembang tiga kawasan industri halal di Bintan, Kepulauan Riau, di Serang, Banten, dan di Sidoarjo, Jawa Timur,” paparnya.

Kemudian, di bidang sosial budaya, Jokowi dan Lee Hsien Loong membahas penguatan transformasi kesehatan melalui investasi pembangunan rumah sakit dan klinik, pengembangan kapasitas tenaga medis, digitalisasi kesehatan, serta pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan di Bali.

Untuk bidang pendidikan, Indonesia menyampaikan pentingnya reaktivasi kelompok kerja bersama. Jokowi secara khusus juga mengundang Singapura untuk hadir di acara World Water Forum ke-10, di Bali.

Selain itu, Presiden RI dan PM Singapura berdiskusi mengenai isu kawasan dan global. Hasilnya, kedua pemimpin negara sepakat mendorong terciptanya perdamaian di Timur Tengah, dan terus berupaya memperkuat sentralitas ASEAN.

Sekadar informasi, Leaders Retreat merupakan agenda pertemuan rutin antara Presiden RI dengan Perdana Menteri Singapura yang sudah berlangsung selama beberapa tahun terakhir.

Kali ini merupakan kunjungan terakhir Lee Hsien Loong sebagai PM Singapura, sebelum menyerahkan pemerintahan kepada Perdana Menteri Singapura yang baru.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version