Kamis, 20 Juni 2024

Menhub Sebut Kecelakaan di Tol Cikampek Akibat Pengemudi Tidak Taat Aturan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan menyampaikan keterangan pers usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau arus mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) menyebut kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kilometer 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024) pagi, disebabkan oleh pengemudi dan pengguna tol yang tidak taat aturan.

“Biasanya mereka capek atau menunggu di rest area atau setelah rest area terjadi kelelahan tertentu,” kata Budi usai mendampingi Joko Widodo Presiden meninjau arus mudik lebaran di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

Namun, ia meyakini Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) selaku Komando Operasi Ketupat selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, telah menjalankan tugas dengan baik untuk mengantisipasi setiap potensi kecelakaan.

“Waktu kami merencanakan, rencananya detail sekali, bahkan one way, contra flow, dan sebagainya itu dijalankan dengan baik. Saya yakin kalau ada kecelakaan yang nahas itu ya, tetapi justru menjadi pelajaran dan kita bisa expose kepada masyarakat apabila tidak disiplin itu lah risikonya,” katanya.

Menhub mengaku prihatin atas insiden tersebut, dan ia akan meninjau langsung lokasi kecelakaan bersama Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri sore nanti.

“Saya turut prihatin atas kecelakaan itu. Insya Allah kita bisa mencapai zero accident. Tetapi, dengan adanya 193 juta (warga) yang mudik, tentunya tidak mudah untuk mengendalikan secara detail. Itu tidak mudah,” ucap Menhub.

Sementara kecelakaan yang terjadi tersebut melibatkan tiga kendaraan, yaitu Daihatsu GrandMax, Daihatsu Terios, dan sebuah bus terjadi di km 58 Tol Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024) pagi.

Selain itu, akibat terjadinya kecelakan tersebut polisi membawa 12 kantong jenazah dari lokasi kecelakaan ke RSUD Karawang untuk diidentifikasi lebih lanjut.

Insiden itu bermula ketika sebuah mobil dari arah Jakarta melalui jalur contraflow di km 58 Tol Cikampek. Mobil itu kemudian oleng dan menabrak bus rute Bandung-Jakarta. Kemudian, ada mobil lain yang mencoba menghindar, tetapi malah menabrak mobil yang sebelumnya menabrak bus. Lalu kedua mobil yang bertabrakan itu kemudian terbakar.

Sementara dampak akibat kecelakaan itu, rekayasa lalu lintas contraflow dari km 48 sampai dengan km 70 arah Cikampek dihentikan sementara. (ant/sya/bil/ham)

Berita Terkait

Kurs
Exit mobile version