Selasa, 30 April 2024

Master Internasional Juarai Turnamen Catur Piala Walikota Surabaya

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Ronny Gunawan Juara pertama (dua dari kiri) foto bersama para juara lainnya. Foto: Dedy suarasurabaya.net

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Surabaya selesai menggelar turnamen catur cepat G-25, Minggu (21/9/2014). Event yang digelar selama dua hari di Taman Bungkul Surabaya ini memperebutkan Piala Walikota Surabaya.

Pertandingan final yang berlangsung Minggu sore, mempertandingkan atlet unggulan yaitu Kahfi Maulana dari Yogyakarta, Agus Yanto dan Suyud Hartoyo keduanya dari Bali. Prestasi membanggakan akhirnya diraih atlet dari Surabaya. Ronny Gunawan atlet bergelar ’Master Internasional’ berhasil meraih juara umum sekaligus merebut Piala Wali Kota 2014.

Kemenangan Ronny di turnamen ini mengantarnya sebagai juara bertahan. Pada event sama tahun lalu, Ronny juga keluar sebagai juara umum. Prestasi ini melengkapi statusnya sebagai atlet yang mewakili Jawa Timur di PON 2012. Event yang berlangsung di Riau 2 tahun lalu, memberi Ronny medali emas.

Ronny Gunawan mengaku mendapat perlawanan sengit dari atlet provinsi lain. Meski begitu, Ronny berhasil mengalahkan satu persatu lawannya. Pengalaman bermain di level nasional dan internasional menjadi bekal Ronny dalam bertanding di Taman Bungkul. Atas prestasinya, Ronny berhak membawa pulang Piala Walikota dan uang pembinaan senilai 3 juta Rupiah.

Sementara itu, Didik Edi Susilo Ketua PERCASI mengatakan, pihak panitia Sabtu (20/9/2014) mempertandingkan empat babak, sementara Minggu (21/9/2014) enam babak. Dia mengaku puas dengan turnamen tahun ini. Antusias peserta terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 260 orang.

Para peserta yang berkompetisi berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Bahkan tidak sedikit yang datang dari luar Jawa, di antaranya Sumatera, Bali, dan Papua.

“Atlet yang bertanding hampir dari seluruh Indonesia datang. Atlet Surabaya sendiri berjumlah 100 orang, termasuk pemula dan anak-anak,” kata Didik Edi Susilo Minggu (21/9/2014).

Dia menambahkan, event yang berlangsung di Taman Bungkul akan menjadi agenda tahunan PERCASI Surabaya. Agenda berikutnya, PERCASI mengadakan turnamen catur bersama KONI Jatim pertengahan November di Surabaya. Turnamen ini mempertandingkan khusus atlet junior Surabaya. Ini upaya PERCASI mencari atlet muda catur Surabaya.

Berikut peraih juara turnamen catur cepat G-25 Piala Walikota Surabaya.
Juara 1 : Rony Gunawan – Surabaya – Master Internasional
Juara 2 : Suyud Hartoyo – Bali – Master Nasional
Juara 3 : Tirto – Surabaya – Master Internasional. (ded/wak)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version