Selasa, 30 April 2024

RSJ Menur Sediakan 35 Kamar Bagi Caleg Gila

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Kerasnya pertarungan politik 2014, diprediksi akan mempengaruhi psikologis para calon legislatif (Caleg). Karenanya, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, Surabaya saat ini sengaja menyediakan beberapa kamar khusus bagi korban pertarungan politik 2014 mendatang.

“Ada 35 tempat tidur kelas utama yang kami sediakan,” kata Adi Wirachjanto, Direktur RSJ Menur, Selasa (7/1/2014).

Menurut Adi, beberapa tempat tidur yang disediakan berlokasi di ruang Anggrek yaitu kelas utama 1 dan utama 2.

“Kalau masih kurang, juga kita sediakan kelas biasa 1 dan kelas biasa 2. Ada 75 tempat tidur khusus kelas biasa ini,” kata dia.

Di seluruh kamar yang disediakan, kata Adi, setidaknya akan dilengkapi dengan peralatan khusus untuk kasus depresi dan gangguan jiwa kategori sedang dan berat.

Jika masuk kategori ringan, keluarga Caleg cukup membawa yang bersangkutan berkonsultasi ke dokter spesialis atau psikiater yang dimiliki rumah sakit milik pemerintah provinsi itu.

Konsultasi, kata dia, bisa dilakukan di layanan pemeriksaan jiwa maupun di poli dokter spesialis dengan biaya konsultasi hanya Rp50 ribu perjam.

Menurut Adi, ganggung jiwa meskipun masih kategori rendah, harusnya tidak disepelekan. “Kalau sudah masuk kategori berat malah sulit disembuhkan,” ujarnya.

Adi mengimbau seluruh caleg sejak dini mempersiapkan kejiwaan dengan melakukan pemeriksaan sebelum Pileg digelar sehingga para Caleg bisa memiliki kesiapan baik psikis maupun mental. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version