Rabu, 1 Mei 2024

Ini Alasan Seleksi Awal SNMPTN Diserahkan Ke Sekolah

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Muhammad Nasih Rektor Universitas Airlangga. Foto: Unair

SNMPTN 2020 akan segera dimulai. Beberapa perubahan dilakukan dalam sistem SNMPTN 2020, salah satunya seleksi awal yang diserahkan ke pihak sekolah. Pada tahun 2020, pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan dilakukan secara mandiri oleh sekolah.

Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan akan disesuaikan dengan ketentuan kuota akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A bisa memasukkan 40 persen dari total siswa yang ada, Akreditasi B sebanyak 25 persen, dan akreditas C sebanyak 5 persen.

Muhammad Nasih Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengungkapkan, hal ini untuk menghindari kebingungan pemeringkatan akibat nilai siswa yang hampir sama. Seperti diketahui, dalam sistem lama, akibat banyak nilai siswa yang sama, kuota yang seharusnya hanya 40 persen tiap sekolah akreditasi A bisa jadi lebih.

“Dulu, merangkingnya dari kita panitia (LTMPT), berdasarkan nilai dan rangking. Sekarang di sekolah. Kalau sudah 40 (persen) terisi ya tidak bisa. berarti tidak bisa lebih. Kalau dulu kan bisa. Karena nilainya podo (sama, red), dimasukkan semua. Akhirnya yang bisa masuk SNMPTN jadi 80. (Kalau) siswanya hanya 100, misalnya, jadi 80 persen. Padahal kita ingin mengambilnya 40 (persen) saja,” ujar Nasih yang juga Rektor Unair itu.

Ia mengaku, tak ada panduan khusus bagi guru untuk menentukan siswa yang masuk dalam kuota SNMPTN di tiap sekolah selain pertimbangan nilai. Ia hanya mengimbau, pilihan prodi yang dipilih dengan nilai pelajaran sekolah turut menjadi pertimbangan. Ia yakin, guru-guru bisa secara objektif menentukan siswa yang masuk.

“Sepenuhnya sekolah. Kita percaya guru-guru punya integritas,” katanya.

Sebagai informasi, seperti tahun lalu, kuota untuk SNMPTN masih tetap 20 persen. Sedangkan SBMPTN memiliki kuota 40 persen dan seleksi mandiri sebesar 30 persen. Registrasi akun LTMPT dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2019-7 Januari 2020.

Pengisian PDSS dan pemeringkatan siswa oleh sekolah tanggal 13 Januari-6 Februari 2020. Pendaftaran SNMPTN tanggal 11-25 Februari 2020. Pengumuman SNMPTN akan digelar pada 4 April 2020. (bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs