Selasa, 30 April 2024

MA Akhirnya Melantik Oesman Sapta Menjadi Ketua DPD RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Berlarut-larutnya waktu dan menimbulkan ketidakpastian, akhirnya semua terjawab, dan Mahkamah Agung (MA) akhirnya datang melantik Oesman Sapta menjadi Ketua DPD RI.

Selain Oesman Sapta, MA juga melantik dua wakil ketua DPD, masing-masing Nono Sampono dan Darmayanti Lubis. Pihak MA yang hadir dan melantik adalah Suwardi Wakil Ketua MA.

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan soal pimpinan DPD terpilih yang disampaikan oleh Sudarsono Hardjosoekarto Sekjen DPR RI. Setelah itu, ketiga pimpinan DPD yang baru itu kemudian diambil sumpah oleh MA.

Dengan pelantikan ini, maka polemik seputar pemilihan pimpinan DPD baru berakhir. Padahal, MA sebelumnya telah memutuskan menganulir tata tertib yang mengatur masa jabatan pimpinan DPD RI adalah 2,5 tahun. Keputusan MA tersebut bernomor 20 P/HUM/2017.

Oesman Sapta mengajak seluruh anggota DPD memajukan dan bersama-sama berjuang untuk kepentingan rakyat.

“Sudahlah, sekarang kita harus bersama-sama memajukan DPD dan berjuang sepenuhnya untuk rakyat,” kata Oso panggilan akrab Oesman Sapta dalam pidato selah pelantikan di gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Sekadar diketahui, dalam pelantikan ini hadir juga Mohammad Saleh Ketua DPD RI sebelumnya. Padahal saat sidang paripurna kemarin dan paripurna sebelum pelantikan hari ini, dia tidak hadir dengan alasan sakit.(faz/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs