Rabu, 1 Mei 2024

Tunggu Izin Operasi Perahu Wisata, Ini Tarif Sawunggaling Surya Transport

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Sawunggaling Surya Transport, perahu wisata kalimas yang telah diresmikan Rabu (31/5/2017) dan akan segera beroperasi. Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya menyiapkan kebutuhan​ operasional perahu wisata kalimas, Sawunggaling Surya Transport.

Widodo Suryantoro Kepala Disbudpar Kota Surabaya mengatakan, yang paling penting untuk operasional perahu itu adalah izin dari kesyahbandaran.

“Karena yang ada di air harus ada izin dari syahbandar. Sudah proses. Tergantung syahbandar, kapan izinnya keluar,” ujarnya.

Sementara menunggu, Disbudpar sedang menyiapkan pengemudi perahu. Pengemudi ini, menurut dia harus terlatih secara khusus.

“Kami akan mintakan training ke pembuat perahu. Ya, ke pihak ITS. Karena kan sistemnya berbeda dengan perahu lainnya,” katanya.

Widodo memastikan, Dermaga perahu sudah tidak ada masalah. Hanya saja, ada usulan, ada penambahan ban di bibir dermaga agar perahu itu tidak tergores atau pecah saat bersandar.

Disbudpar memastikan, tarif perahu wisata ini sama dengan perahu wisata lain. Sesuai Peraturan Daerah Nomor 13 tahun 2015 tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah Kota Surabaya.

“Tarifnya sama, Rp4.000 untuk sekali naik. Sesuai Perda,” kata Widodo.

Hanya saja, karena harus bergantian dan mengantisipasi animo masyarakat yang cukup tinggi, Disbudpar akan membuat pendaftaran khusus untuk mempermudah jadwal keberangkatan.

Rencananya, perahu Sawunggaling​ Surya Transport ini hanya beroperasi Sabtu dan Minggu. “Di sana (Taman Prestasi) sudah ada jadwalnya. Yang jelas, hari Minggu sampai malam,” ujarnya.(den/tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs