Kamis, 30 Mei 2024

Inilah Rute Arus Mudik dan Balik Tol Jombang-Mojokerto

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Gerbang Tol Mojokerto Barat. Foto: Istimewa

Tol Jombang-Mojokerto terbagi dalam 4 seksi. Yaitu seksi 1 dan 3 yang telah beroperasi tahun lalu, serta seksi 2 dan 4 yang masih dalam proses konstruksi.

“Tapi semua ruas Tol Jombang-Mojokerto sepanjang 40,5 kilometer sudah tersambung sebelum Idul Fitri,” kata Anggoro Legowo, Direktur Teknik dan Operasi ASTRA Infra Toll Road Jombang – Mojokerto pada suarasurabaya.net, Rabu (14/6/2017).

Rute Arus Mudik dari Surabaya ke Arah Ngawi melalui Tol Jombang-Mojokerto

Pemudik yang berasal dari Surabaya dan akan menuju arah Mantingan, Ngawi, atau Kediri dapat melalui beberapa akses tol sebagai berikut:
– Pemudik dapat masuk melalui seksi 4 tol Surabaya-Mojokerto atau gerbang tol Penompo, dan keluar gerbang tol Mojokerto Barat; atau,
– Pemudik dapat melanjutkan perjalanan melalui Jalur Tol Fungsional (JTF) seksi 2 hingga ke jalur tol operasional seksi 1 ruas tol Jombang-Mojokerto, kemudian putar balik di gerbang tol Bandarkedungmulyo (tersedia dedicated u-turn) menuju JTF seksi 4 hingga keluar perempatan Kertosono, tanpa melewati pertigaan Mengkreng.

Rute Arus Balik dari Nganjuk ke Surabaya melalui Tol Jombang-Mojokerto

Sedangkan untuk arus balik lebaran, pemudik yang berasal dari Nganjuk/Kediri menuju Surabaya dapat melalui akses masuk dari perempatan Kertosono ke arah seksi 1 tol Solo-Kertosono.
– Pemudik dengan tujuan Jombang dapat keluar di gerbang tol Bandarkedungmulyo atau gerbang tol Jombang.
– Apabila tujuan ke Surabaya, pemudik dapat meneruskan melalui jalur fungsional seksi 2 hingga jalur operasional seksi 3, dan keluar di gerbang tol Mojokerto.

Menurut Anggoro Legowo, selama mudik dan balik Lebaran 2017 tol Jombang-Mojokerto memiliki:
A. Jalur Tol Operasional (JTO)
– Seksi 1 yang menghubungkan wilayah Jombang bagian tengah (Kecamatan Tembelang) dengan wilayah batas Kabupaten Jombang sebelah barat (Kecamatan Bandarkedungmulyo).
– Seksi 3 menghubungkan Mojokerto (Kecamatan Jetis) – Mojokerto Barat (Kecamatan Gedeg).

B. Jalur Tol Fungsional (JTF)
– Seksi 2 menghubungkan Jombang-Mojokerto Barat
– Seksi 4 menghubungkan Bandarkedungmulyo-Batas Barat tol Jombang-Mojokerto.

Jalur Tol Fungsional ini rencananya hanya dapat digunakan oleh kendaraan golongan 1, non bus dan non barang. Pelaksanaannya dimulai pukul 06.00 – 17.00 WIB, atau sesuai kondisi cuaca, serta tidak dikenakan tarif/biaya atau Gratis.

Sedangkan bagi pengguna jalan yang melewati Jalur Tol Operasional, ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto akan memberikan diskon tarif 10% khusus untuk pembayaran menggunakan uang elektronik atau e-Money Bank Mandiri. Diskon tarif ini berlaku mulai H-3 sampai Hari Lebaran ke-2 dan H+4 sampai H+6 setelah Hari Lebaran.

Untuk meningkatkan kenyamanan, juga telah difungsikan Rest Area yang berada di seksi 1 (KM 678) dan seksi 2 yang berada di desa Kedungmlati untuk istirahat dan beribadah. Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan di sepanjang ruas tol Jombang – Mojokerto dapat menghubungi call center di (0321) 888 123. (ipg)

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs