Selasa, 30 April 2024

Hari Bumi 2019, Menjaga Lingkungan Tidak Cukup Hanya Kampanye

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aksi bagikan bibit tanaman pada masyarakat masih dalam rangkaian peringatan Hari Bumi 2019 digelar pelajar bersama Tunas Hijau. Foto: Istimewa

Menjaga kelestarian lingkungan dalam kaitannya dengan menjaga harmonisasi bumi, tidak cukup hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan kampanye semata. Dibutuhkan tindakan lansung untuk merealisasikan kampanye tersebut sebagai wujud kerja nyata kampanye itu sendiri.

Zamroni Direktur Tunas Hijau membenarkan bahwa aksi-aksi atau kegiatan kampanye dalam rangka menjaga lingkungan, pelestarian lingkungan hijau memang tidak cukup hanya melalui kampanye. Dibutuhkan tindakan nyata.

“Sekecil apapun tindakan itu, seperti misalnya melakukan penanaman bibit tanaman, atau yang lainnya tetap dibutuhkan sebagai tindak lanjut kampanye. Kalau sekedar kampanye, maka itu akan berhenti pada wacana semata. Tidak ada tindakan langsung. Tidak ada aksi nyata, ini yang harus dilakukan,” terang Roni sapaan Zamroni.

Lebih lanjut Roni mengingatkan bahwa kesadaran masyarakat untuk ikut serta menjaga bumi dalam konteks menjaga lingkungan, hingga saat ini memang masih rendah. “Dibutuhkan kampanye dan tindakan atau aksi terus menerus untuk mengingatkan masyarakat bahwa menjaga kelestarian bumi adalah tanggung jawab bersama,” kata Roni.

Oleh karena itu, bersama dengan pelajar, mahasiswa serta masyarakat Tunas Hijau terus melakukan kampanye dan menggealr kegiatan-kegiatan dalam kaitanya dengan menjaga kelestarian lingkungan alam. Termasuk saat memperingati Hari Bumi.

Tahun ini, sejumlah kegiatan penanaman bibit tanaman dan pohon, serta kampanye mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang berbahaya bagi habitat satwa maupun bumi juga dilakukan bersama pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Surabaya.

“Hari Bumi memilih tema: Protect Our Species. Ini mengingatkan kita semua untuk ikut terlibat dan menjaga lingkungan, sebagai satu diantara upaya melindungi berbagai spesies yang ada di bumi ini. Ini juga tidka hanya sekadar kampanye, tetapi wajib ditindaklanjuti dengan tindakan atau kegiatan nyata,” pungkas Roni.

Sejumlah kegiatan seperti menanam pohon, dan bibit tanaman, mengurangi penggunaan plastik, juga kampanye menjaga kelestarian lingkungan digelar pelajar bersama Tunas Hijau, Senin (22/4/2019) dalam rangka memperingati Hari Bumi 2019.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs