Selasa, 30 April 2024

Kardiolog Sebut Eriksen Tidak Punya Riwayat Masalah Jantung

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Christian Eriksen gelandang tim nasional Denmark tampak sadar saat ditandu keluar lapangan selepas kolaps di tengah laga pembuka Grup B Euro 2020 melawan Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6/2021). Foto: Reuters/Friedemann Vogel

Christian Eriksen Gelandang Denmark sebelumnya tidak mempunyai masalah jantung selama bersama klub Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur. Hal itu disampaikan mantan kardiolognya.

Pada Sabtu (12/6/2021) kemarin, Eriksen dilarikan ke rumah sakit setelah pingsan saat pertandingan pertama timnya pada Euro 2020 melawan Finlandia.

Eriksen (29 tahun) pingsan pada menit ke-42 pertandingan ketika berlari di dekat garis lapangan sebelah kiri setelah lemparan masuk bagi Denmark dan diberi perawatan pijat jantung untuk menyelamatkan nyawa di lapangan.

Kemudian kondisi Eriksen berhasil stabil dan kembali sadar. Dr. Sanjay Sharma dari University of London St. George mengatakan, Eriksen telah mengembalikan hasil tes normal sejak 2013.

Jatuhnya Eriksen ke tanah memunculkan kekhawatiran dokter, ada kemungkinan mereka telah melewatkan sesuatu.

“Saya berpikir, ‘Ya Tuhan? Adakah sesuatu di sana yang tidak kami lihat?’ Tetapi saya telah melihat semua hasil tes dan segalanya tampak sempurna,” kata Sharma dikutip Reuters, dilansir Antara.

“Sejak hari kami mengontraknya, pekerjaan saya lah untuk menyaringnya dan kami mengetesnya setiap tahun. Jadi tentu saja tesnya hingga 2019 sepenuhnya normal, tanpa kesalahan jantung yang jelas. Saya bisa jamin untuk itu karena saya yang melakukan tes,” ujarnya.

Fabrice Muamba mantan gelandang Bolton Wanderers mengatakan, pingsannya Eriksen mengingatkan kembali kenangan menyakitkan tentang serangan jantung di lapangan dalam pertandingan Piala FA pada 2012.

Mantan pemain tengah timnas U-21 Inggris itu harus pensiun tidak lama sesudahnya pada usia 24 tahun.

“Itu membawa kembali hal-hal yang sudah saya simpan dalam diri saya, emosi ini yang ada di dalam sana. Melihatnya dari jarak itu dan tidak tahu apa yang telah terjadi,” kata Muamba kepada BBC.

“Itu menakutkan, tapi pujian bagi staf medis. Mereka telah melakukan pekerjaan yang menakjubkan pada Christian. Saya suka bagaimana rekan setimnya berkumpul melindungi dia. Saya harap semuanya baik-baik saja untuknya. Saya berharap dia bisa melaluinya,” kata Muamba.(ant/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs