Selasa, 30 April 2024

Massa Austria Tolak Pembatasan Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para pengunjuk rasa berjas putih dan mengenakan topeng menghadiri demonstrasi melawan tindakan pencegahan virus corona (COVID-19) dan konsekuensi ekonomi mereka di Wina, Austria, Sabtu (16/1/2021). Foto: Antara

Puluhan ribu orang yang berkumpul di Wina pada Sabtu (11/12/2021) menolak pembatasan di Austria, termasuk wajib vaksinasi dan perintah untuk tetap di rumah saja bagi orang-orang yang enggan divaksin.

Sekitar 1.400 polisi mengawal pengunjuk rasa yang diperkirakan dihadiri oleh 44.000 massa. Aksi serupa terjadi di ibu kota Austria pekan lalu.

Polisi menyebutkan tiga orang ditangkap karena menggunakan kembang api dan mengabaikan protokol kesehatan dengan tidak memakai masker.

Wartawan yang meliput aksi tersebut, yang dimulai di alun-alun Heldenplatz, diserang dengan bola salju dan es. Satu wartawan menjadi korban penyerangan, kata polisi melansir Reuters mengutip Antara, Minggu (12/12/2021).

Herbert Kickl Pemimpin Partai Kebebasan Austria sayap kanan, yang mengkritik penanganan pandemi oleh pemerintah, melakukan orasi.

Dia mengatakan masyarakat tidak menyadari bahwa mereka sedang “didepak” oleh pemerintah. “Protes akan terus berlanjut,” kata Herbert.

Secara terpisah, massa dari sekitar 2.500 pengunjuk rasa juga menentang pembatasan Covid di Klagenfurt dan 150 orang berdemonstrasi di Linz.

Austria menjadi negara pertama di Eropa Barat yang melanjutkan penguncian Covid-19. Otoritas akan m ewajibkan vaksinasi Covid-19 mulai Februari 2022 mendatang.

Massa di Wina yang membawa spanduk bertuliskan “Tidak untuk vaksinasi wajib” dan “Lepaskan anak-anak kami” meneriakkan “Kami adalah rakyat” dan “perlawanan”.

Negara berpenduduk 8,9 juta orang itu melaporkan 1,2 juta kasus dan 13.000 lebih kematian Covid-19 sejak pandemi melanda awal tahun lalu.(ant/wld)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs