Selasa, 30 April 2024

Polri Izinkan Uji Coba Liga 1 dan Liga 2 Dihadiri Penonton Terbatas

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Irjen Pol Dedi Prasetyo Kepala Divisi Humas Polri. Foto: Divisi Humas Polri

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memberikan izin kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan uji coba pertandingan sepak bola Liga 1 dan 2 yang dihadiri penonton secara langsung di lapangan secara terbatas.

“Polri memberikan izin uji coba penyelenggaraan Liga 1 dan 2 dihadiri penonton yang terbatas,” kata Irjen Dedi Prasetyo Kepala Divisi Humas Polri, dalam keterangan tertulis yang dilaporkan Antara, Rabu (15/12/2021).

Dedi menjelaskan, uji coba itu diberikan izin dengan catatan bahwa kapasitas penonton yang hadir secara fisik dilakukan secara terbatas. Mengingat, situasi saat ini masih terjadi pandemi Covid-19.

Baca juga: Uji Coba Penonton Terbatas Diterapkan di Babak Delapan Besar Liga 2

Baca juga: Kuota Uji Coba Liga 2 Dibatasi 100 Suporter Per Klub

Pemberian izin dengan penonton terbatas tersebut, kata Dedi, harus mengedepankan kepatuhan pada protokol kesehatan (prokes). Guna memastikan kedisiplinan pada protokol kesehatan, anggota kepolisian diturunkan ke lapangan.

“Kami melihat antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan sepak bola di Tanah Air. Tetapi, kami tetap menekankan penerapan protokol kesehatan harus tetap dilakukan dengan ketat,” kata mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini.

Dedi mengatakan ada beberapa ketentuan dalam uji coba tersebut, yakni penonton yang hadir secara fisik, wajib menggunakan masker sejak awal hingga pertandingan berakhir. Pertandingan sepak bola itu digelar di wilayah yang laju pertumbuhan virus Corona tipe SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 berstatus rendah.

Kemudian, masyarakat yang hadir wajib sudah mengantongi sertifikat vaksinasi dosis kedua. Serta mengakses aplikasi PeduliLindungi.

“Semua penonton, pemain, pihak sponsor hingga ofisial harus benar-benar memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik,” ucap Dedi.

Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, menjelaskan bahwa pertandingan dengan kehadiran penonton secara terbatas akan diuji coba pada babak delapan besar Liga 2 2021.

Pihaknya akan melakukan uji coba penonton secara terbatas dalam pertandingan babak delapan besar Liga 2 2021 yang akan dimulai pada 15 Desember mendatang.

Ia menjelaskan uji coba penonton terbatas itu akan dilakukan di dua lokasi, yakni Stadion Pakansari di Bogor dan Stadion Wibawa Mukti di Bekasi, Jawa Barat.

Terkait jumlah penonton, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku akan mengundang perwakilan suporter dari masing-masing klub sebanyak 100 orang.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs