Senin, 6 Mei 2024

Content Creator dan Influencer Dinilai Punya Peran Besar untuk Edukasi Gen Z Soal Pancasila

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi anak dan digitalisasi sekolah. Foto: Kemdikbud

Doktor Hervina Puspitosari Dosen Hukum UPN Veteran Jatim menyebut, pemahaman Gen Z soal Pancasila penting untuk terus digaungkan. Karena, arah kemajuan bangsa 20 tahun kedepan sangat bergantung pada generasi yang terlahir pada periode tahun 1996 sampai 2012 itu.

“Nilai-nilai Pancasila ini saya berharapnya selain harus dimasukan ke pembelajaran setiap hari di lingkungan pendidikan, juga ditanamkan dalam kegiatan-kegiatan lain diluar itu (pendidikan). Seperti Webinar-webinar yang banyak diselenggarakan oleh komunitas-komunitas,” ujar Hervina pada Radio Suara Surabaya, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Menurutnya, munculnya degradasi moral atau menurunnya norma-norma tingkah laku yang banyak disebut melekat pada Gen Z karena kemajuan teknologi, sebenarnya juga bisa diimbangi dengan menanamkan konten-konten positif pada media sosial.

Menurutnya, para content creator dan influencer yang saat ini banyak disenangi oleh generasi muda tersebut, punya andil besar dalam mengedukasi penanaman nilai-nilai Pancasila dalam setiap karyanya.

“Jadi kita bisa membuat Vlog Pancasila, ataupun konten Tiktok Pancasila dan sebagainya. Kalau Gen Z memang tidak suka dengan konten-konten tersebut, yah memang ini tantangannya. Untuk itu jangan sampai acuh, harus terus dicoba,” ungkapnya.

Dosen Hukum UPN Veteran Jatim itu juga mengungkapkan, jika kedepan baik Gen Z maupun generasi dibawahnya benar-benar kehilangan nilai-nilai Pancasila, maka akan sangat buruk untuk kemajuan bangsa.

“Pancasila itu ideologi negara kita, generasi muda tidak boleh melupakan nilai-nilainya. Apalagi sampai lupa dan tidak menghargai perjuangan para Pahlawannya. Bisa-bisa tidak menghargai sesama,” pungkasnya. (bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs