Selasa, 30 April 2024

BMKG Prakirakan Hari Ini Hujan dan Gelombang Tinggi di Wilayah Jawa Timur

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sejumlah wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan pada hari ini, Minggu (13/11/2022).

Mengutip cuitan resminya di Twitter, BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat mewaspadai hujan intensitas sedang hingga deras disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Malang, Pamekasan, dan Sumenep.

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, dan Kota Blitar.

Kemudian, Kab.Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, dan Sampang.

Sedangkan di malam harinya, hujan diprakirakan terjadi di wilayah Sidoarjo, Tuban, Bojonegoro, Magetan, Pacitan dan Kota Pasuruan.

Prakiraan suhu udara hari ini berkisar 15-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Sedangkan arah angin, dominan dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 5-40 kilometer per jam.

Peringatan Dini Cuaca Tiga Harian di Wilayah Jawa Timur. Foto: BMKG

Sementara itu, BMKG Maritim Jatim menginformasikan secara umum kondisi cuaca berpotensi hujan ringan-sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Timur-Tenggara, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 9 Knots (17 km/jam) dan Selat Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,3 m dan Laut Jawa bagian timur, antara 0,2-0,8 m, dan Selat Hindia Selatan Jatim antara 1,3-3,0 m.

BMKG Maritim Jatim juga mengimbau masyarakat yang punya aktivitas di wilayah perairan mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2,5 m di Perairan selatan Jatim dan Selat Hindia selatan Jatim.(tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs