Selasa, 30 April 2024

Bertemu PM Selandia Baru di Sela KTT APEC, Jokowi Bahas Kerja Sama Antarnegara di Tiga Sektor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI melakukan pertemuan bilateral dengan Jacinda Ardern PM Selandia Baru, Jumat (18/11/2022), di Bangkok, Thailand. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bertemu Jacinda Ardern Perdana Menteri Selandia Baru di sela acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC), di Kota Bangkok, Thailand pada Jumat (18/11/2022) pagi.

Dalam pertemuan bilateral itu, Presiden Indonesia menyampaikan harapan supaya semangat kerja sama yang terjalin dalam forum G20 berlanjut di KTT APEC tahun ini.

Menurutnya, APEC harus menjadi bagian dari percepatan pemulihan ekonomi, khususnya di kawasan Asia dan Pasifik.

Sesudah pertemuan, Jokowi mengungkapkan ada tiga isu utama yang dibahas bersama Jacinda. Yaitu, penguatan kerja sama ekonomi, kerja sama transisi energi, dan penguatan kerja sama di kawasan Pasifik.

Presiden Indonesia mendorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara, khususnya komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, plastik, serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal.

“Kita perlu dorong akses pasar bagi perdagangan kedua negara khususnya pada komoditas pertanian, mineral, besi dan baja, dan plastik serta kerja sama bidang pertanian dan sertifikasi halal,” ujarnya.

Kemudian, di bidang kerja sama transisi energi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu bilang Indonesia terus memperkuat upaya transisi energi baru terbarukan.

Untuk itu, Presiden Indonesia mengundang pebisnis Selandia Baru berinvestasi di sektor pengembangan energi panas bumi.

“Saya mengundang pebisnis Selandia Baru untuk investasi pada pengembangan energi panas bumi di Indonesia,” ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi menegaskan Indonesia berkomitmen mendorong engagement negara-negara kawasan Pasifik dengan ASEAN dalam urusan pembangunan.

Kepala Negara Indonesia secara khusus meminta Pemerintah Selandia Baru menjadi jembatan penghubung kemitraan antara ASEAN dan Pasifik, di kawasan Indo-Pasifik.

Pada kesempatan yang sama, PM Selandia Baru mengapresiasi penyelenggaraan G20 di Indonesia. Dia juga mengucapkan selamat kepada Indonesia yang mendapat mandat sebagai Ketua ASEAN tahun 2023.

“Selandia Baru siap mendukung keketuaan Indonesia dalam ASEAN tahun depan,” tegas Jacinda.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs