Rabu, 6 Juli 2022

PTPN X Salurkan Dana Kredit BUMN Rp 347 M

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menyalurkan dana kredit BUMN sebesar Rp 347 milyar. Dana tersebut disalurkan pada 10.000 petani tebu di 11 pabrik gula milik PTPN X.

WASIS PRAMONO Kabid Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN X, Selasa (26/10), mengatakan dana itu untuk perkuat kapasitas petani tebu sekaligus menunjang swasembada gula pada 2014.

“Sebab model penanaman tebu adalah multitahun. Jadi di akhir 2010 ini akan tanam untuk panen di 2011,”ujarnya.

WASIS menjelaskan hingga Oktober 2010 ini, dari Rp 347 milyar sudah terserap sekitar 40%. Ia optimis, dana terserap seluruhnya di akhir 2010.

Pengucuran kredit ini, papar Wasis, merupakan bagian dari program kemitraan yang digalang sejumlah 10 BUMN dengan PTPN X sebagai avails. BUMN tersebut yakni Pertamina, Perusahaan Gas Negara, Aneka Tambang, Bank Tabungan Negara, Jasa Marga, Jasa Raharja, PT Tambang Batu Bara Bukit Asam, Pelindo II, Taspen, Bank Ekspor Indonesia.

Menurut WASIS, tingkat bunga yang diberikan sangat kompetitif yakni 6%. Konsepnya sama dengan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) maupun kredit Usaha Rakyat (KUR). Namun, dalam program ini pihaknya lebih intens mendampingi pada petani tebu.

”Tingkat NPL 0%. Selain petani tebu, ada sedikitnya 9.200 UKM binaan PTPN X yang tersentuh dana PKBL.Bank bertugas mengawasi rekening pemilik UKM tanpa mengintervensi bunga,”pungkasnya. (tin)

Powered by Telkomsel BlackBerry ®

Berita Terkait

Rabu, 6 Juli 2022
Kurs