Sabtu, 20 April 2024

80 Persen Petani Indonesia Berusia 50 Tahun

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Sekitar 80 persen petani Indonesia saat ini telah berusia di atas 50 tahun. Hal ini dismpaikan oleh Said Abdullah Manajer Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP).

“Jika dikategorikan, usia petani di Indonesia saat ini terdiri dari 61,8 persen berusia lebih dari 45 tahun, 26 persen 35-44 tahun dan 12 persen kurang dari 35 tahun,” ungkapnya, seperti yang dilansir Antara, Rabu (29/10/2014).

Menurutnya, berkurangnya jumlah petani usia produktif akan berimplikasi pada menurunnya produksi pangan dalam negeri.

“Rendahnya kelompok usia muda di sektor pertanian bukanlah fenomena baru, sudah sejak lama kita dihadapkan pada situasi ini dan terus meningkat persentasenya,” katanya.

Banyak alasan yang bisa dijadikan kaum muda enggan untuk menjadi petani, alasan utamanya tentu saja berkaitan dengan faktor ekonomi.

“Petani hingga saat ini masih dipandang sebagai profesi yang tidak menjanjikan, tidak memberikan harapan, petani mengalami kerugian dan bergelut dengan kemiskinan,” jelasnya.

Dia mengatakan, dengan stigma yang seperti itu, sektor pertanian bukanlah bidang yang dapat menarik perhatian kaum muda, sehingga mereka akan lebih suka bekerja sebagai buruh pabrik atau pergi bekerja di kota.

“Pada sisi lain, investasi dan intervensi pemerintah pada kelompok muda di sektor pertanian sangat rendah, dukungan untuk memulihkan minat menjadi petani hampir tidak ada,” tegasnya.

Dia menambahkan salah satu contoh keberadaan sekolah-sekolah pertanian saat ini kurang diminati oleh kalangan pelajar, dalam tataran program pun pemerintah tidak ada inisiatif khusus terkait hal ini.

“Persoalan ini perlu mendapat perhatian serius dari semua kalangan terutama pemerintah, risiko yang ditanggung akan sangat besar jika kemudian kita mengalami defisit tenaga kerja sektor pertanian,” pungkasnya.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs