Kamis, 28 Mei 2020

AirAsia Tawarkan Dua Pilihan Terkait Erupsi Kelud

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menawarkan dua pilihan terkait pembatalan sejumlah penerbangan akibat dari erupsi Gunung Kelud yang mengganggu sejumlah jadwal penerbangan di beberapa bandar udara di Indonesia.

“Tiket penerbangan yang dibatalkan tersebut tidak hangus, dan penumpang dapat memilih salah satu dari dua opsi yang kami sediakan,” kata Dharmadi Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Jumat (14/2/2014).

Ia memaparkan, AirAsia Indonesia menyediakan pilihan “reschedule” (pemindahan jadwal penerbangan) dan credit shell (deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan).

Reschedule adalah pemindahan jadwal penerbangan di rute yang sama maksimal tujuh hari setelah pembatalan penerbangan tanpa dikenai biaya.

Sedangkan credit shell yaitu deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku tiga bulan.

“AirAsia membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Surabaya serta Yogyakarta demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan menyusul erupsi Gunung Kelud yang menyebabkan hujan abu vulkanik di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah,” ujar Dharmadi seperti dilansir Antara.

Adapun penerbangan yang dibatalkan secara terperinci antara lain Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Medan, Surabaya-Semarang, Surabaya-Ujung Pandang, Surabaya-Bangkok, Surabaya-Johor Bahru, Surabaya-Kuala Lumpur, dan Surabaya-Penang.

Rute penerbangan lainnya dari AirAsia yang dibatalkan akibat erupsi Gunung Kelud adalah Surabaya-Singapura, Semarang-Singapura, Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Bali, Yogyakarta-Kuala Lumpur, dan Solo-Kuala Lumpur.

Para penumpang AirAsia yang membutuhkan informasi dan bantuan, lanjutnya, dapat menghubungi antara lain Call center di nomor 021 2927 0999 atau Ask AirAsia melalui www.airasia.com/ask

Sekadar diketahui, sebanyak tiga bandara terpaksa ditutup sementara akibat letusan Gunung Kelud, Jawa Timur, yang menyemburkan hujan abu dan menutup jarak pandang yang ideal sehingga mengganggu penerbangan di sejumlah wilayah.

“Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adisumarmo Surakarta, Bandara Adisucipto Yogyakarta untuk sementara ditutup karena terdampak hujan abu Gunung Kelud,” kata Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Menurut data BNPB, hujan abu masih tersebar di beragam daerah seperti Kediri, Malang, Blitar, Surabaya, Ponorogo, Pacitan, Solo, Yogya, Boyolali, Magelang, Purworejo, Temanggung, dan Purwokerto.(ant/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Meinara Iman Dwihartanto

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Kamis, 28 Mei 2020
27o
Kurs