Minggu, 28 April 2024

Chairul Tanjung Gantikan Hatta Sebagai Menko Perekonomian

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI menunjuk Chairul Tanjung Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian baru menggantikan Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri.

“Saya telah mengambil kesimpulan untuk mengangkat saudara Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian yang baru,” kata Presiden Yudhoyono di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Jumat (16/5/2014), seperti dilansir Antara.

Menurut Presiden, Chairul Tanjung merupakan sosok yang memiliki kecakapan yang layak dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

SBY juga mengingatkan bahwa Chairul bukanlah orang baru karena kapasitasnya sebagai Ketua KEN selama ini telah membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ekonomi.

“KEN bukanlah forum akademik tetapi tempat berkumpulnya praktisi di dunia usaha termasuk para pakar dan ekonom. Saya menilai Bapak Chairul Tanjung berhasil dalam menyatukan kalangan,” katanya.

Ia juga mengatakan, meski KEN sebenarnya bukanlah badan penentu kebijakan, tetapi pandangan dan rekomendasi yang dihasilkan KEN di bawah pimpinan Chairul Tanjung sangat berguna dalam pembuatan kebijakan.

Presiden mengungkapkan, dirinya telah berkali-kali mengajak Chairul Tanjung untuk masuk dalam kabinet pemerintahannya, bahkan sejak Kabinet Indonesia Bersatu I pada 2004 saat Yudhoyono diangkat pertama kalinya sebagai kepala negara.

“Kali ini, Alhamdulillah Bapak Chairul Tanjung bersedia membantu,” kata SBY.

Yudhoyono mengutarakan harapannya agar Chairul dapat segera bekerja. Presiden juga meyakini Chairul dapat mengemban tugas dengan baik sebagai Menko Perekonomian yang baru.

Presiden juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Hatta Rajasa yang dinilainya memiliki kinerja dan prestasi yang baik.

“Saya mendoakan pak Hatta memiliki karier yang lebih baik di masa mendatang,” katanya.

Sebelumnya, Hatta Rajasa telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Yudhoyono karena menjadi calon wakil presiden berpasangan dengan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam Pilpres 2014.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs