Minggu, 16 Juni 2024

Dikelola Langsung, Industri Kreatif Indonesia Luar Biasa

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Di seluruh dunia hanya ada dua negara yang industri kreatifnya dikelola langsung oleh lembaga setingkat menteri, yaitu Inggris dan Indonesia. Dimana pengelolaan tersebut ada dibawah Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Berdasarkan pengelolaan tersebut ada 15 sub sektor industri Kreatif diantaranya Mode, Kerajinan, Kuliner, Musik, Radio dan Televisi, Kerajinan, Teknologi Informasi, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Riset dan Pengembangan, Arsitektur, Desain, Penerbitan dan Percetakan, Periklanan dan Permainan Interaktif.

Apabila semuanya benar-benar dieksplorasi dengan baik, Indonesia bisa menjadi negara adidaya yang disegani karya-karyanya.

Marie Elka Pangestu, Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif mengaku pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Salah satunya dengan menggelar Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang merupakan event tahunan terbesar hingga ke mancanegara. Tujuannya untuk memberdayakan kreativitas sebagai penggerak industri di era yang semakin maju ini.

Perlu diketahui bahwa di antara tujuan utama PPKI adalah untuk mengenalkan industri kreatif lebih dekat kepada masyarakat, bahwa sekarang Indonesia sedang menuju perkembangan sebagai negara industri kreatif. (all/gk/ain)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
29o
Kurs