Senin, 6 Mei 2024

Gandeng Warga Kenjeran UKWMS Gelar Pelatihan Olahan Hasil Laut

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Warga Kenjeran belajar mengolah hasil laut. Foto: Totok suarasurabaya.net

Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menggandeng ibu-ibu Kelurahan Sukolilo membuat inovasi baru dari hasil laut Kenjeran. Melalui pelatihan pembuatan bakso dan nugget berbahan ikan tongkol serta sosis udang.

Warga mendapat pengarahan pentingnya menjaga kebersihan produk dan pengemasan yang baik dalam proses produksi dan pengolahan bahan pangan oleh Thomas Indarto Putut S, Ir., MP dosen Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan (FTP) UKWMS.

Peserta pelatihan yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu terlihat antusias pada saat praktik proses pembuatan sosis udang di Laboratorium Teknologi Pengolahan Pangan UKWMS.

“Kali ini kita memang membuat makanan sehat jadi semua olahan tidak ada yang menggunakan MSG, nanti kalau di rumah anaknya tidak suka karena bau amis bisa ditambahkan jeruk dalam pembuatan adonannya, cita rasanya pun tetap terjaga,“ terang Thomas Indarto.

Program pelatihan ini merupakan kelanjutan dari agenda sebelumnya yang lebih berfokus pada pola hidup warga yang sehat. Warga diedukasi untuk tidak terbiasa menjadi warga yang konsumtif namun warga produktif. Warga diajarkan untuk menanam sayuran sendiri dirumah dan ditata secara cantik.

“Pemberdayaan masyarakat itu tidak semudah membalikkan tangan, harus dilakukan secara berlanjut dan bertahap dari dasar mulai dari membuka pola pikir warga yang lama,” urai Adriana Ateng Anggorowati, M.Si., Dra selaku Ketua Pusat Pengembangan Pendidikan Masyarakat (LPPM).

Kedepan pihak LPPM akan membekali alat penggilingan untuk empat kelompok kecil warga agar pelatihan ini tidak berhenti di laboratorium saja, namun berlanjut untuk wirausaha.

“Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan produk ini pun tidak menggunakan alat khusus. Harapannya memang warga dapat mengapliksikan hasil dari pelatihan ini di kehidupan sehari-hari, misalnya untuk membuat makanan sehat untuk keluarga,” pungkas Anteng yang juga dosen di Fakultas Teknik Kimia UKWMS, Kamis (27/11/2014).(tok/rst)

Teks Foto :
Warga Kenjeran belajar mengolah hasil laut.
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs