Selasa, 7 Mei 2024

Jatim Fair jadi Ajang Pamer Produk UKM Jatim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pembukaan Jatim Fair di Grand City. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puncak peringatan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke 69 kali ini dijadikan ajang pamer bagi aneka produk UKM menjelang berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Digelar di Grand City Mall Surabaya, gelaran dibuka secara langsung oleh Soekarwo, Gubernur Jawa Timur, Kamis (9/10/2014) malam.

“Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa produk dari Jatim disenangi dan digunakan oleh negara Asean. Jika masyarakat lebih suka bordir dari produk asing, maka Jatim akan menampilkan bordir yang tidak kalah dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Pakde Karwo di sela-sela membuka Jatim Fair.

Menurut Pakde Karwo, julukan Soekarwo, di Jawa Timur sendiri, saat ini memiliki 6,8 Juta UMKM. Dari jumlah ini, sebanyak 266 ribu UMKM telah mengekspor produknya ke luar negeri.

Sukardi, ketua panitia sekaligus Sekretaris Daerah Jawa Timur berharap gelaran Jatim Fair yang digelar selama 10 hari mulai 9 hingga 19 Oktober 2014 di Grand City Mall Surabaya ini mampu mempromosikan produk UMKM Jawa Timur.

“Kegiatan ini juga bisa jadi sarana penyampaian potensi dan prestasi BUMD maupun pemerintah dan instansi daerah. Langkah ini diharapkan menarik investor yang akan berinvestasi,” ungkapnya.

Menurut dia, gelaran kali ini setidaknya diikuti peserta tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari berbagai negara diantaranya dari Polandia, Jepang, Belanda, Prancis, Thailand, Selandia Baru dan Korea.

Sebanyak 575 stan disediakan dengan omset diperkirakan akan mencapai Rp50 miliar dengan jumlah pengunjung ditargetkan sebanyak 210 ribu orang.

Jatim Fair kali ini setidaknya juga diikuti stan dari sembilan provinsi, 31 kabupaten/kota, 31 SKPD dan 14 BUMN dan BUMD.

Sementara itu, Suara Surabaya Media setidaknya juga ambil bagian di acara ini dengan mengambil sebuah stan yang di dalamnya berisi aneka konten seru yang bisa dinikmati para pengunjung. Pengunjung stand Suara Surabaya setidaknya akan diajak untuk mengenal lebih jauh bagaimana proses produksi berita serta memperkenalkan konten-konten yang ada.

Jatim Fair sendiri akan dimeriahkan berbagai pertunjukan seni dan music. Di panggung utama misalnya akan menampilkan artis nasional seperti Raisha, Glenn Fredly, Andra n The Backbone, J’Rock, Shaggy Dog, serta Sheila on 7.

Tidak hanya itu, berbagai lomba mulai Stand Up Comedy, Fashion Show, dan pemilihan Putri Jatim Fair juga akan digelar di area Jatim Fair. (fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs