Selasa, 30 April 2024

Masyarakat Jatim Lebih Optimis dengan Perekonomiannya

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Dalam rilis PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) Provinsi Jawa Timur yang disampaikan Selasa (5/8/2014), M. Sairi Hasbullah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim menyatakan optimisme masyarakat Jawa Timur pada perekonomiannya terus meningkat sejak awal tahun 2014.

”Dari hasil survey yang dilakukan pada masyarakat Jatim atau Indeks Tendensi Konsumen (ITK), pada triwulan kedua masyarakat Jatim lebih optimis dengan perekonomiannya. Dengan kata lain tercatat sebesar 112,86 lebih baik jika dibanding triwulan sebelumnya,” paparnya.

Optimisme masyarakat di triwulan kedua ini didorong oleh sejumlah faktor diantaranya, liburan sekolah, kampanye pilpres, dan pengeluaran rumah tangga menjelang bulan Ramadhan.

Sementara itu, di triwulan ketiga nanti diprediksi ITK Jatim lebih tinggi lagi dari triwulan kedua sekitar 116,29. Prediksi ini dari hasil survey yang menunjukkan masyarakat Jatim memandang positif pereonomiannya yang akan terjadi tiga bulan ke depan.

“Jika geopolitik pasca pilpres tetap aman dan kondusif, perkiraan ITK mendatang bisa tercapai,” terangnya.

Jika dibandingkan nasional, ITK Jatim di triwulan kedua dan prediksi triwulan ketiga diatas ITK secara nasional. ITK nasional triwulan dua tercatat sebesar 110,76, sedangkan triwulan tiga diprediksi sebesar 113,13.

Meski demikian, secara nasional pada triwulan kedua ini Jatim menempati posisi keenam dari lima provinsi lainnya di Pulau Jawa. Di antaranya, DKI Jakarta (117,79), Banten (115.89), Jawa Tengah (114,80), DI Yogyakarta (114,56) dan Jawa Barat (112,95). (ain/ipg)

Teks Foto:
– M. Sairi Hasbullah Kepala BPS Jawa Timur.
Foto: Nia suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs