Minggu, 28 April 2024

Operator Kapal Pesiar Enggan, Turis Asing Ngebet ke Benoa

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Sulitnya masuk ke Pelabuhan Benoa jadi satu diantara diskusi yang intensif dilakukan di kalangan komunitas operator kapal pesiar dunia. Laut yang dangkal serta jalur yang berliku, membuat handicap Pelabuhan Benoa tersohor di kalangan operator kapal pesiar dunia.

Banyak operator kapal pesiar dunia sebenarnya yang enggan masuk ke Benoa, tapi karena desakan permintaan turis dunia, seluruh operator besar harus memasukkan Pleabuhan Benoa sebagai jadwal perjalanan mereka.

Prasetyo Senior manager supervisi investasi PT Pelindo III mengatakan Pelabuhan Benoa punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki banyak pelabuhan lain di dunia. “Diantaranya karena Bali punya banyak tempat tujuan wisata,” kata dia.

Tidak hanya itu, pelabuhan Benoa belakangan mempercantik diri dengan suguhan layanan berbeda pada turis yang datang dengan kapal pesiar.

Diantaranya dengan suguhan konser musik jazz yang akan diadakan besok. Benoa Port Jazz Festival diakui Prasetyo, mengikuti trend terakhir. Turis kapal pesiar bukan saja kalangan orang tua dan pensiunan. Anak muda di Eropa, Australia, dan Asia sekarang sudah jadi langganan operator-operator kapal pesiar dunia.

Ini yang membuat kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa selalu naik sejak tahun 2010. Rata-rata antara 17 sampai 20%. “Ke depan, prospeknya lebih cemerlang. tahun ini saja 14 kapal pesiar baru ukuran 250 meter berpenumpang minimal 2000 orang akan diluncurkan,” ujarnya.

Melihat kondisi ini, Pelindo 3 sudah menganggarkan program pengerukan dan perbaikan dermaga agar kapal-kapal pesiar bisa masuk.(edy)

Bagikan
Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs