Selasa, 21 Mei 2024

Penguatan Rupiah Berlanjut Jika Neraca Perdagangan Terus Diperbaiki

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dapat terus berlanjut apabila defisit neraca perdagangan terus diperbaiki. Demikian disampaikan Chatib Basri Menteri Keuangan di kantornya, Selasa (11/3/2014).

Chatib berharap pemerintah dapat mencatatkan defisit transaksi berjalan sampai dengan akhir tahun ini sebesar 2,5%. Sedangkan realisasi defisit ini masih berada di level 3,2% pada 2013.

Selain neraca perdagangan harus lebih baik, kebijakan fiskal dan moneternya juga masih akan ketat. Penguatan nilai rukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dapat terus berlanjut apabila defisit neraca perdagangan terus diperbaiki.

Chatib menjelaskan Tren defisit neraca perdagangan kuartal I 2014 cenderung melemah karena banyak perusahaan yang melakukan ekspor mineral Desember 2013 sebagai antisipasi Undang-undang Minerba soal larangan ekspor mineral mentah.

Ke depan Chatib berharap neraca jasa lebih baik, sehingga ia akan berkoordinasi dengan M. Lutfi Menteri Perdagangan untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan bersama terkait perdagangan ini.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pagi ini stagnan di posisi Rp 11.370 per dolar AS sama seperti posisi pada penutupan perdagangan kemarin.(faz/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
31o
Kurs