Sabtu, 27 April 2024

Ribuan Buruh Datangi Grahadi Desak UMK Surabaya Rp3 Juta

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ribuan buruh datangi Grahadi desak UMK Surabaya Rp3 juta. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ribuan buruh dari beragam elemen berunjuk rasa di Depan Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (6/11/2014). Massa mendesak pemerintah Kota Surabaya menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) minimal Rp3 juta.

Pantauan suarasurabaya.net, diiringi tiga buah mobil komando, ribuan massa datang dengan cara longmarch berjalan kaki. Mereka tampak sangat terlatih dengan membawa aneka poster dan spanduk.

Cukup atraktif dan teratur, mereka berjalan pelan secara beriringan menuju Grahadi. Setidaknya terdapat delapan poster berukuran besar yaitu dua kali enam meter mereka bentangkan diantaranya bertuliskan “Naikkan UMK Surabaya Rp3 Juta”, lantas “Tolak Kenaikan Harga BBM”, “Hapus Iuran BPJS Kesehatan”.

Sedangkan di barisan belakangnnya, ribuan pekerja membawa ribuan poster warna-warni yang mereka angkat satu buruh satu poster.

Andi Pecie, koordinator aksi mengatakan, unjuk rasa kali ini setidaknya diikuti enam serikat pekerja diantaranya KSPSI, lantas FSBK,SPN, SBSI, Sarbumusi dan Produktiva.

Ada beberapa tuntutan yang mereka bawa diantaranya mendesak UMK Kota Surabaya minimal adalah Rp3 juta. Selain itu mereka juga menolak rencana kenaikan BBM, serta menuntut penghapusan iuran BPJS kesehatan bagi pekerja.

Sementara itu akibat unjuk rasa sendiri, Jl Gubernur Suryo juga langsung ditutup karena ribuan massa buruh memenuhi seluruh badan jalan. Sebanyak 1.700 personel kepolisian juga telah diterjunkan untuk mengamankan aksi kali ini. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs