Senin, 6 Mei 2024

Saatnya Bisnis Melalui Co-Working di Start Surabaya

Laporan oleh Triono
Bagikan
Start Surabaya

Anak muda Surabaya bisa berkarya, hal ini akan dibuktikan melalui kegiatan akbar dari Start Surabaya yang diadakan Kibar Kreasi Indonesia dengan menggandeng Suara Surabaya dan stakeholder lain untuk menggarap project ini.

Yansen Kamto Chief Eksekutif Kibar mengatakan, Start Surabaya merupakan sebuah inisiatif dari berbagai stakeholder di Surabaya yang memang peduli untuk menggerakkan dan mendorong anak mudia di Surabaya untuk berkarya dan kreatif menggunakan teknologi.

“Nanti, bentuknya ada program inkubasi yang bertempat di sebuah co-working space di Surabaya, dimana para peserta yang terpilih adalah anak-anak muda yang dapat bekerjasama atau berkolaborasi dengan para pelaku industri kreatif baik dari Surabaya ataupun di kota lainnya,” kata Yansen.

Co-working merupakan sebuah konsep bekerjasama tapi tidak berada dalam satu perusahaan. Konsep co-working hanya terjadi di tempat co-working space yang berisi perorangan atau kelompok kecil yang memiliki budaya masing-masing untuk berkolaborasi.

Co-working space itu tidak hanya berbagi masalah biaya saja, tapi dengan satu skill saja kita bisa bekerjasama dengan orang lain. Misalkan, saya fotographer dan bertemu dengan video grapher ataupun web programmer, foto-foto yang saya miliki bisa saya buat dalam website dengan berkolaborasi dengan web programmer,” ujarnya.

Pada kegiatan Start Surabaya, anak muda dapat membangun creatif environment dengan mensinergikan 6 item ekosistem bisnis yakni, media, pemerintah, swasta, teknologi ekspert, akademisi dan komunitas bisnis.

“Potensi dan talenta anak muda di Surabaya harusnya siap untuk menghadapi era MEA. Tapi tetep ada pembekalan colaborative advert, dimana mereka bisa mengahadapi tantangan yang ada di sekitarnya,” lanjut Yansen.

Dari ratusan peminat, nantinya akan diseleksi sampai dibentuk 15 tim dan dibimbing selama 3 bulan dengan didampingi mentor dan fasilitator berpengalaman untuk meluncurkan bisnis dengan menciptakan solusi berbasis teknologi.

“Harapannya adalah pada saat bergabung mereka yang belum memiliki ide dan tidak tahu persis cara memulainya, dalam waktu 3 bulan nantinya mereka bisa menghasilkan produk, perusahaan, atau karya untuk bersaing di pasar,” paparnya

Pada akhirnya, mereka akan menjadi contoh dan inspirasi bagi anak muda Surabaya untuk bergabung di angkatan selanjutnya. Karena kegiatan ini adalah sebuah program yang berkelanjutan.

Start Surabaya, masih membuka pendaftaran bagi anak muda Surabaya dengan syarat berusia 18 hingga 25 tahun dan memiliki ide serta inovasi yang tidak pernah mati. Daftarkan langsung dengan mengunjungi www.startsurabaya.com. Pendaftaran akan ditutup hingga 30 November 2014. Are You Ready to Start Surabaya ?..(ono/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs