Jumat, 26 April 2024

Subsidi Energi Sebabkan Saham Indonesia Melemah

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Werner R. Muhadi, Pengamat Ekonomi Finance FE Ubaya mengatakan melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia dipengaruhi berbagai faktor, baik dari dalam dan luar negeri. Satu di antaranya ialah faktor subsidi energi yang banyak membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

”Subsidi BBM dan juga listrik itu sangat membebani APBN kita. Di mana total subsidi BBM 350 Triliun dan Listrik 103 Triliun. Jika ditotal 453 Triliun atau sekitar 35 persen dari total anggaran APBN yang ada,” terangnya saat dihubungi Radio Suara Surabaya.

Sementara, ia menambahkan, harga minyak dunia terus mengalami kenaikan karena krisis dibeberapa negara seperti Ukraina dan Irak. “Apabila tidak ada kebijakan menyikapi hal ini, maka dikhawatirkan APBN akan jebol. Untuk itu saya sepaham subsidi solar ditarik,” paparnya.

Selain ekonomi, dari sisi politik yang sekarang banyak jadi perhatian ialah persoalan pilpres dan gugatan ke MK. Permasalahan ini dharapkan tidak berujung panjang pada masalah sosial sehingga investor merasa aman.

Disisi lain, persoalan ISIS yang ramai dibicarakan belakangan ini juga cukup mengkhawatirkan bagi investor. “Terkait ISIS dan videonya yang beredar, saya rasa Menteri Agama sudah cukup responsif namun Menkominfo masih belum mau memblokir jika tidak ada laporan dari masyarakat. Sebelum besar persoalan ini harus segera diatasi,” katanya.

Untuk itu, ia berharap pada pemerintahan baru nanti menempatkan orang yang ahli dan profesional dibidangnya, khususnya perekonomian dan energi, agar ada perbaikan dan menarik banyak perusahaan untuk berinvestasi.

Sementara itu, untuk tren bursa saham Indonesia, Werner optimis hingga akhir tahun bisa tetap berada di kisaran 5.400. Angka ini sudah memperhitungkan pencabutan BBM bersubsidi yang masih dilakukan secara bertahap oleh pemerintah. (ain/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs