Jumat, 26 April 2024

4G LTE Dukung Visi Kota Surabaya Wujudkan Smart City

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Dari kiri: Masud Khamid Direktur Sales Telkomsel, Ririek Adriansyah Direktur Utama Telkomsel, Tri Rismaharini Walikota Surabaya, dan Nonot Harsono Komisioner BRTI saat peresmian layanan 4G LTE pertama di Surabaya. Foto: Corcomm Telkomsel untuk suarasur

Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE yang lebih cepat dan stabil untuk mendukung dan mempercepat visi Kota Surabaya di dalam mewujudkan Smart City.

Layanan 4G LTE yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dan data yang lebih cepat, dipercaya akan dapat meningkatkan produktivitas para penggunanya termasuk dalam hal ini pemerintah kota Surabaya yang saat ini telah memanfaatkan berbagai sistem online dalam hal pelayanan publik.

Layanan mobile 4G LTE dari Telkomsel resmi hadir secara komersial di Surabaya, Minggu (22/3/2015). Peresmian layanan dibuka langsung oleh Ririek Adriansyah Direktur Utama Telkomsel serta dihadiri pula Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Dalam sambutannya Ririek Adriansyah mengatakan, saat ini kota Surabaya telah memanfaatkan sistem online diantaranya untuk sistem administrasi kependudukan, sistem administrasi perizinan, sistem monitoring area publik, penerimaan murid baru, Surat Izin Mengemudi (SIM), portal pariwisata, CCTV pemantau lalu lintas serta Traffic Management Center.

Surabaya merupakan kota ke-empat yang merasakan jaringan Telkomsel 4G LTE secara komersial. Telkomsel sendiri terus mengalami pertumbuhan layanan data di Kota Surabaya, dimana hal ini dapat terlihat dari peningkatan pelanggan data Telkomsel di kota tersebut, yakni sebesar 18 persen selama tahun 2014. Sedangkan dari sisi konsumsi penggunaannya, juga terjadi peningkatan sebesar 38 persen.

“Kami bangga mempersembahkan layanan Telkomsel 4G LTE bagi kota Surabaya. Semoga hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE di kota Surabaya dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan akses data yang lebih cepat di era mobile digital lifestyle saat ini,” kata Ririek Adriansyah, Minggu (22/3/2015) di Surabaya.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan di Kota Surabaya dalam menikmati jaringan 4G, kata dia, pihaknya membangun 161 eNode B yang mencakup wilayah-wilayah di Kota Surabaya, meliputi inner kota Surabaya, inner kota Sidoarjo dan inner kota Gresik termasuk area seperti mal, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial dan tempat wisata.

Sementara itu, untuk memberikan konsistensi pengalaman 4G LTE terbaik bagi pelanggan melalui seamless experience, Telkomsel bersinergi dengan Telkom menggelar WiFi untuk melengkapi overage Telkomsel 4G LTE terutama yang berada di indoor.

“Agar dapat segera menikmati layanan Telkomsel 4G LTE, pelanggan harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 4G dengan memakai simcard 4G LTE yang disebut uSIM. Pelanggan juga harus berada di wilayah yang sudah dilayani jaringan Telkomsel 4G LTE,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini layanan Telkomsel 4G LTE juga telah menjalin kerjasama dengan sembilan mitra 4G LTE international roaming yaitu Maxis (Malaysia), SK Telecom (Republik Korea), SingTel (Singapura), Optus (Australia), Mobily (Arab Saudi), Vodafone (Inggris & Spanyol), CSL (Hongkong) dan Taiwan Mobile (Taiwan).

“Hal ini memungkinkan para pelanggan yang mengunjungi negara-negara tersebut tetap dapat terhubung dengan jaringan cepat 4G LTE,” kata Ririek. (wak/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs