Selasa, 14 Mei 2024

Banyak Dikeluhkan, Online Shop Bakal Diawasi Lebih Ketat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Pelaku bisnis online shop di Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya, bakal mendapat pengawasan ketat dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Hal itu dikarenakan banyaknya keluhan dan laporan dari masyarakat.

“Kalau selama ini pengawasan kami barangkali hanya sebatas administratif semata, maka ke depan kami pastikan akan lebih ketat. Mulai dari perizinan hingga proses layanan kepada masyarakat akan kami pantau dengan ketat,” terang Drs. Ec. Widodo Suryantoro MM, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Surabaya pada suarasurabaya.net, Selasa (19/5/2015).

Keluhan dari masyarakat, lanjut Widodo selama ini memang beragam. Mulai dari sekadar keterlambatan delivery hingga kekeliruan produk yang dipesan sehingga merugikan konsumen.

Jika keluhan ini tidak segera ditindaklanjuti, maka ke depan para pelaku bisnis online shop akan merugi dan tidak lagi dianggap sebagai pemberi layanan shopping alternatif masyarakat.

“Pelaku bisnis online sendiri nantinya juga akan mengalami kerugian jika mereka tidak membenahi diri dan melakukan layanan secara benar. Oleh karena itu, kami akan melakukan pengetatan pengawasan,” tukas Widodo.

Apakah selama ini pengawasan terhadap bisnis online tersebut memang tidak ketat? Widodo menegaskan bahwa pengawasan sudah dilakukan sesuai arahan dan juklak serta juknis dari pusat.

“Tetapi jika masyarakat sebagai konsumen tidak melaporkan atau memberikan masukan, maka kami juga akan kesulitan menindak pelaku bisnis online yang tidak sehat,” tegas Widodo .(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs